Sport
Minggu, 16 November 2014 - 04:25 WIB

PEMAIN BINTANG : Gol Cristiano Ronaldo Ukir Rekor Euro

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, FARO — Gol semata wayang yang diciptakan Cristano Ronaldo tak hanya mengamankan kemenangan 1-0 Portugal atas Armenia di kualifikasi Euro 2016, Sabtu (15/11) dini hari WIB. Bintang Real Madrid itu juga menahbiskan diri sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Euro.

Menyambut bola muntah hasil tembakan Ricardo Quaresma yang sempat ditepis kiper Armenia Roman Berezovski, Ronaldo sukses mengoyak gawang tuan rumah pada menit ke-72. Menariknya, gol ke-23 pemain berjuluk CR7 itu dilesakkan dari jarak dua meter dari gawang Armenia.

Advertisement

Berkat aksinya itu, Ronaldo berhasil mengantarkan Portugal ke peringkat kedua klasemen sementara Grup I dengan torehan enam poin. Skuat polesan Fernando Santos itu hanya menyisakan jarak satu poin dengan Denmark yang memimpin klasemen.

Kemenangan atas Armenia di Stadion Do Algarve, Faro, juga memberi rekor anyar bagi Ronaldo. Striker berusia 29 tahun itu memecahkan rekor pemain Denmark, Dane Jon Dahl Tomasson, yang mengemas 22 gol dalam 33 laga Euro, baik di babak kualifikasi maupun putaran final.

Sepanjang musim ini, Ronaldo tercatat telah menyarangkan 25 gol di semua kompetisi untuk Real Madrid dan timnas negaranya. Kekasih Irina Shayk itu juga memborong 52 gol selama memperkuat Portugal sejak 2003 silam.

Advertisement

“Saat ini, kami ada di posisi bagus dalam babak kualifikasi. Denmark juga menang, tapi tim ini bermain dengan sangat bagus saat ini. Jika kami menang lagi, puncak klasemen bisa kami raih,” kata Ronaldo, seperti dilansir nzherald.co.nz, Sabtu (15/11).

“Pelatih Fernando Santos bisa menerapkan sistem baru, membawa para pemain baru, dan saya rasa kami berada dalam jalur yang benar,” sambung peraih gelar Ballon d’Or musim lalu itu. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos) 
           
Top Scorer Euro
No       Pemain             Gol       Laga     Negara
1          Cristiano Ronaldo         23        37        Portugal
2          Jon Dahl Tomasson      22        33        Denmark
3          Jan Koller         21        35        Republik Cheska
4          Hakan Sukur    21        38        Turki
5          Robbie Keane  21        42        Irlandia
Sumber: ESPN (ria)

Advertisement

Cristiano Ronaldo menjadi pemain bola yang menciptakan gol terbanyak di Piala Eropa. Ist/Dok

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif