Soloraya
Minggu, 16 November 2014 - 20:38 WIB

Main Gokart di Atap Hartono Mall Solo Baru, Mau?

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung Hartono Lifestyle Mall menikmati wahan baru berupa wahana olah raga otomotif Go kart di lahan parkir atas, sabtu (15/11/2014). Para pengunjung dapat menyewa Go kart dengan ongkos Rp60.000,- untuk 10 laps dengan peralatannya berupa jaket dan helm. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO–Hartono Lifestyle Mall, Solo Baru, menghadirkan arena balap gokart di atap mal. Menempati lahan dengan luas 3.500 meter persegi, arena balap yang diberi nama Lamtoro Karting ini menyewakan 12 unit motor
gokart.

Pengunjung Hartono Lifestyle Mall menikmati wahan baru berupa wahana olah raga otomotif Go kart di lahan parkir atas, sabtu (15/11/2014). Para pengunjung dapat menyewa Go kart dengan ongkos Rp60.000,- untuk 10 laps dengan peralatannya berupa jaket dan helm. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Advertisement

Owner Lamtoro Karting, Lamtoro Wijaya, saat ditemui wartawan di sela-sela pembukaan Lamtoro Karting, Sabtu (15/11/2014), mengatakan lintasan gokart memiliki panjang 325 meter dan lebar 7 meter.

Lamtoro Karting menyediakan delapan unit motor gokart transmisi otomatis dan dua unit motor dengan girboks. Sedangkan untuk kelas anak-anak atau kadet disediakan dua unit.

Advertisement

Lamtoro Karting menyediakan delapan unit motor gokart transmisi otomatis dan dua unit motor dengan girboks. Sedangkan untuk kelas anak-anak atau kadet disediakan dua unit.

Motor yang dipakai mencomot mesin Honda GX 200 cc. Sedangkan untuk kelas kadet memakai mesin 60 cc dan mampu melaju dengan kecepatan maksimal 60 km/jam.

“Anak-anak yang boleh ikut gokart harus berusia lebih dari tujuh tahun, sebab kalau anak usia di bawah tujuh tahun belum mengerti mengendarai motor dan mereka belum tahu apakah harus ngegas atau mengerem,” ujar Lamtoro, Sabtu.

Advertisement

Per 1 Desember harga tiket naik menjadi Rp60.000. Pihaknya juga menyediakan paket sewa Rp300.000 per jam.

30 Putaran

Tapi biasanya bagi pemula, dalam jangka waktu 10 menit mereka bisa bermain hingga 30 putaran. Itu pun mereka biasanya sudah setengah mati untuk mengendarai gokart. Karena itu, pihaknya memberikan kelonggaran penggunaan paket tersebut bisa dipakai hingga 2-3 hari dengan menghitung menitan yang telah dipakai.

Advertisement

Selain itu, pihaknya juga menerima pelatihan kursus gokart dengan dua instruktur balap gokart profesional dari Lamtoro Gokart Racing Team, serta menerima sewa tempat untuk gokart.

Menurut Lamtoro yang juga mantan atlet balap, arena balap tersebut sudah mendekati ideal, sebab standar arena balap gokart sepanjang 400 meter dari titik start sampai finis.

“Tapi untuk mendapatkan lahan segitu sulit. Di sentul saja panjangnya hanya 1.000 meter dan lebar 7 meter,” ungkap dia.

Advertisement

Pihaknya mengklaim risiko terjadi kecelakaan sangat tipis, sebab pihaknya sudah menyediakan perlengkapan keselamatan berupa helm, kaus tangan, jaket dan kostum standar pebalap gokart.

Namun bagi pemula dan anak-anak yang belum pernah mengendarai gokart, biasanya akan mengalami shock sebentar. Hal itu menurut dia sangat wajar terjadi pada pengendara pemula.

Sebelum buka arena gokart di Solo, Lamtoro sudah membuka arena balap serupa di Bekasi Square. Selama 12 tahun pengalaman mengelola arena gokart, klaim dia, belum ada satu pun pengunjung yang mengalami shockberat dan harus dibawa ke rumah sakit.

Pihaknya optimistis mampu menyedot perhatian 1.000 pengunjung dalam sebulan karena arena gokart itu adalah yang pertama di Kota Solo.

Menurut Lamtoro, komunitas otomotif di Kota Bengawan adalah terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya.

Sementara itu, salah satu atlet gokart nasional yang juga tergabung dalam Lamtoro Gokart Racing Team, Budi Lamtoro, 22, mengatakan ukuran rental arena balap tersebut sudah sangat baik karena dilihat dari lebar dan jarak kelurusan arena, sudah bisa untuk saling melewati atau atau untuk balapan.

“Saya sarankan kalau untuk pemula untuk mengenali pedal gas, rem dan kemudi dulu, sebab kalau tidak dikuasai bisa undercontrol,” kata Budi yang juga atlet gokart nasional.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif