Jateng
Minggu, 16 November 2014 - 18:50 WIB

ANTISIPASI TAWURAN : Polres Kota Magelang Intensifkan Razia untuk Pelajar

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tawuran (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi tawuran warga (Dok/JIBI)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Kepolisian Resor Kota Magelang mengintensifkan razia secara mendadak di berbagai tempat dengan sasaran kalangan pelajar untuk mencegah tawuran.

Advertisement

Kepala Polres Kota Magelang, AKBP Zain Dwi Nugroho di Magelang, Minggu mengatakan razia terhadap mereka akan dilakukan lebih intensif, baik di dalam maupun luar sekolah.

“Baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah, untuk mencegah terjadi tawuran,” katanya seperti dikutip Antara, Minggu (16/11/2014).

Belum lama ini, pihaknya menggelar koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk membahas berbagai upaya penanganan dan pencegahan tawuran antarpelajar.

Advertisement

Pertemuan tersebut, antara lain dihadiri Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm I Made Gede Antara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Magelang Djawardi, pegiat lembaga swadaya masyarakat, tokoh masyarakat, dan sejumlah kepala sekolah, terutama yang pelajarnya sering terlibat tawuran.

Berdasarkan catatan kepolisian setempat, sejak 2012 kasus tawuran pelajar mengalami peningkatan. Pada 2012, tercatat satu kasus dengan seorang tersangka yang akhirnya menjalani hukuman percobaan delapan bulan, pada 2013 tercatat delapan kasus dengan penanganan lebih lanjut atas lima kasus melalui pembinaan dan tiga lainnya pembubaran.

Selama 2014, kepolisian setempat mencatat 10 kasus tawuran antarpelajar, dengan penanganan atas dua kasus melalui proses hukum, enam kasus melalui pembinaan, dan dua kasus berupa pembubaran.

Advertisement

Ia menjelaskan penyebab tawuran antarmereka sebenarnya persoalan sepele, antara lain bersenggolan saat berkendara, berebut pacar, kecemburuan sosial, dan dendam lama.

Berbagai upaya pencegahan tawuran pelajar, katanya, telah dilakukan, antara lain berupa pembinaan, penyataan ikrar damai, dan razia secara intensif.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif