Jogja
Jumat, 14 November 2014 - 05:15 WIB

FENOMENA CAHAYA WEDIOMBO : Ada 2 Kemungkinan, Ini Kemungkinan Pertama

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA – Sejumlah pakar geofisika Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan penjelasan terkait fenomena cahaya putih yang terlihat di Pantai Wediombo, Gunungkidul, Selasa (11/11/2014). Setidaknya, ada dua kemungkinan yang mendasari adanya fenomena itu.

Kabul Basah Suryolelono, pakar geofisika mengungkapkan fenomena pancaran cahaya hewan laut sebenarnya sudah biasa terjadi di wilayah pantai.

Advertisement

“Dalam suatu waktu hewan laut kerap berkumpul di area dekat bibir pantai. Karakter hewan laut selalu bergerombol, jumlahnya bisa jutaan sehingga dengan jumlah sangat banyak  ini maka sinar dari fosfor yang memantul ke atas bisa seperti lampu yang memancar di kegelapan,” paparnya kepada Harianjogja.com, Kamis (13/11/2014).

Kendati begitu, dia memerlukan data visual untuk mengungkap fakta lebih jelas di balik fenomena itu.

“Tidak bisa hanya lewat sumber-sumber ini-itu, untuk menjawab hal yang sebenarnya peneliti butuh visualnya,” papar dia.

Advertisement

Hanya, dari keterangan yang dia dapat, Kabul yakin itu karena faktor pancaran posfor hewan laut. Apalagi pancaran sinar berada hanya berjarak 500 meter dari bibir pantai. Hal itu sangat relevan dengan pergerakan hewan pantai di kala tertentu untuk mendekat ke bibir pantai.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif