Soloraya
Jumat, 14 November 2014 - 23:00 WIB

BUNUH DIRI SUKOHARJO : Terlilit Utang, Nenek-Nenek Gantung Diri

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bunuh diri (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Solopos.com, SUKOHARJO–Diduga akibat dililit utang, seorang warga Desa Lengking, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Tarwiyah, 70, pada Jumat (14/11/2014) pagi mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Kejadian ini cukup menggemparkan warga sekitar karena salah seorang warga setempat, Trimaningsih, 40, yang pagi itu melihat kali pertama kaget dan berteriak minta tolong.

Advertisement

“Korban pertama kali ditemukan oleh Trimaningsih yang bermaksud mengirim makanan ke rumah korban. Tapi ketika sampai di rumah korban sekitar pukul 05.45 WIB, saksi Trimaningsih melihat korban tergantung di depan pintu kamarnya,” ujar Kasat Reskrim Polres Sukoharjo, Iptu Fran Delanta Kembaren mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Andy Rifai ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya.

Fran yang mendapat laporan dari anggotanya menduga korban bunuh diri karena tidak kuat menanggung beban hidup dan terlilit utang. Berdasar hasil olah tempat kejadian perkara, korban meninggal akibat gantung diri.

Sebab pada tubuh korban tak ditemukan bekas tanda-tanda penganiayaan, kekerasan dan tak ditemukan sebab lain yang mencurigakan.

Advertisement

Hal itu dikuatkan dengan hasil pemeriksaan tim medis dari puskesmas setepat. “Berdasar hasil pemeriksaan petugas dibantu tim medis dari Puskesmas Bulu, tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan di tubuh korban,” kata Fran.

Berdasar laporan, kata dia, korban meninggal dengan cara menggantung menggunakan seutas tali plastik sepanjang kira-kira empat meter. Tali plastik warna biru yang digunakan untuk menggantung itu ditambatkan pada kerangka bambu di pintu kamar tidurnya.

Fran menjelaskan seusai pemeriksaan, jasad korban langsung diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan. Dia menambahkan kejadian bunuh diri di Sukoharjo telah terjadi kesekian kalinya. Hal itu dilakukan sebagai jalan pintas untuk menyelesaikan masalah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif