Otomotif
Kamis, 13 November 2014 - 15:50 WIB

TIPS : Mengemudi Sambil Membawa Beban Berlebih? Ini Hal Yang Perlu Anda Perhatikan

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jual-beli mobil bekas. (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, JAKARTA — Mengemudi sambil membawa beban yang berlebih adalah hal yang tak dapat dihindarkan, terutama ketika akan pergi berlibur atau pulang kampung.

Selain jumlah penumpang yang maksimal memenuhi kapasitas kendaraan, barang-barang bawaan juga turut menambah beban terhadap mobil.
Secanggih apa pun mobil Anda, jika membawa beban yang berlebih tetap saja akan berpengaruh terhadap performa kendaraan Anda.
Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika mengemudi membawa beban berlebih serta bagaimana cara mengatasinya :

Advertisement

1. Akselerasi Mobil
Hal utama yang pasti terpengaruh jika membawa beban berlebih adalah akselerasi mobil yang menurun, terutama jika dari posisi berhenti.
Hal tersebut akan sangat berbahaya ketika Anda akan menyalip kendaraan lain. Karena itu, Anda harus mengetahui seberapa berat akselerasi Anda sebelum membawa mobil untuk menyalip.
Jika terlalu berat, berarti Anda harus memberikan waktu dan ruang lebih bagi mobil Anda untuk menyalip.

2. Konsumsi Bahan Bakar
Jika membawa beban berlebih, akselerasi mobil pun berat, dan dampak terburuknya adalah konsumsi bahan bakar lebih boros.
Ini adalah hal yang tak dapat dihindari. Karena itu, Anda harus menyiapkan uang lebih untuk membeli bahan bakar karena mobil Anda akan sering mengisi bahan bakar, terutama jika menempuh perjalanan jauh.

3. Pengereman
Seiring beban mobil yang bertambah, proses pengereman mobil juga akan semakin berat dan panjang.
Karena itu, Anda harus memberikan jarak lebih dengan kendaraan di depan Anda sebelum menginjak pedal rem. Anda juga harus berhati-hati ketika ada menurun. Anda mungkin perlu menginjak pedal rem lebih dalam lagi.

Advertisement

4. Ground Clearance
Jika membawa beban berlebih, otomatis jarak ground clearance menjadi lebih kecil, apalagi jika suspensi mobil Anda sangat empuk.
Berkurang ketinggian mobil akan berpengaruh ketika Anda melewati jarak bergelombang atau rusak. Karena itu, Anda harus lebih berhati-hati ketika melewati jalan bergelombang, dan usahakan tidak mengebut ketika jalanan tidak bagus.

5. Kenyamanan Penumpang
Hal terakhir yang juga perlu diperhatikan ketika mengemudikan kendaraan dengan membawa beban berlebih adalah kenyamanan penumpang.
Selain ruang bagi penumpang yang semakin sempit karena adanya barang-barang, kenyamanan juga akan berkurang apabila mobil melewati jalan bergelombang karena guncangan yang diterima oleh penumpang lebih terasa.
Karena itu, ketika melewati jalan rusak atau bergelombang, jika tidak berhati-hati mengemudikannya, penumpang akan berguncang-guncang

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif