Soloraya
Kamis, 13 November 2014 - 08:00 WIB

TAMAN KOTA SOLO : Taman Banjarsari, Tempat Ngadem yang Asri…

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kawasan yang pada tahun 1930-an disebut Villa Park dan kini masuk wilayah Stabelan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah terdapat taman yang di tengahnya terdapat sebuah tuguyang disebut Monumen Juang '45 untuk memperingati serangan umum empat hari di Kota Solo tahun 1949. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Beberapa orang sedang asyik duduk bercengkerama di Taman Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. Pemandangan yang asri dan suasana yang teduh menjadi daya tarik taman yang dahulunya pernah ditata oleh Presiden Joko Widodo semasa masih menjadi wali kota Solo.

Solo memang memiliki kawasan terbuka hijau yang cukup banyak. Salah satu taman favorit warga Kota Solo untuk ngadem adalah Taman Banjarsari. Taman yang di dalamnya terdapat Monumen 45 serta pernah juga menjadi saksi diplomasi makan siang ala mantan wali kota Solo yang kini Presiden ke-7 RI Joko Widodo hingga kini masih terjaga keasriannya.

Advertisement

Jika mengunjungi Taman Banjarsari pada siang hari atau sore hari, maka akan dijumpai beberapa orang yang sedang duduk santai sambil ngadem di kursi taman yang sudah disediakan maupun di bawah pohon. Ada pula yang datang ke taman ini untuk sekadar berolahraga ringan seperti joging dan bersepeda.

Rini, 37, salah seorang pengunjung Taman Barjarsari menuturkan bahwa taman itu sudah sering ia kunjungi sejak kecil. “Saya sering ke sini sejak masih SD, sampai sekarang saya juga masih sering ke sini bersama anak saya,” ujarnya.

Pernyataan yang senada juga disampaikan oleh Aldi, seorang siswa SMA yang mengunjungi Taman Banjarsari. Dia mengungkapkan bahwa dirinya sering bermain ke taman itu sepulang sekolah bersama teman-temannya. “Ya buat bersantai saja sama teman-teman setelah seharian sekolah,” tutur Aldi.

Advertisement

Selain beberapa pengunjung yang sedang bersantai, dapat dijumpai pula beberapa pedagang minuman dingin, penjual rokok sampai penjual jasa cek tensi darah keliling. “Pedagang di sini berjualan dari pagi sampai malam,” ujar Sapto, salah seorang pedagang minuman di Taman Banjarsari.

Selain Sapto, ada juga penjual minuman lain di Taman Banjarsari yang sedang dikerumuni pembelinya. “Ini es siwalan namanya, banyak yang beli soalnya di sini cuma saya yang berjualan es siwalan,” ungkap Rahmat, 51, seorang pedagang es siwalan di Taman Banjarsari.

Rahmat juga menambahkan bahwa bersantai di Taman Banjarsari sangat cocok apabila ditemani dengan es siwalan buatannya yang memiliki rasa manis itu. “Duduk santai di sini, tambah seger sambil minum es siwalan yang manis,” ujarnya. (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif