Teknologi
Kamis, 13 November 2014 - 08:15 WIB

PENEMUAN BARU : Arkeolog Temukan Kuburan Massal Bayi dari Zaman Es

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Arkeolog menggali kuburan bayi dari Zaman Es (Reuters)

Solopos.com, SOLO – Para arkeolog berhasil menemukan kuburan bayi massal yang dipercaya berasal dari Zaman Es di Alaska, AS. Makam tersebut ditemukan di bawah sisa kremasi anak-anak Zaman Es yang diperkirakan telah berusia 11.500 tahun.

Dilansir Reuters, Selasa (11/11/2-014), kerangka utuh cukup banyak ditemukan dalam makam dengan lubang melingkar. Di kuburan tersebut juga ditemukan beberapa barang-barang peninggalan saat proses pemakaman seperti tanduk dan dua proyektil batu runcing yang diwarnai dengan warna merah.

Advertisement

Penemuan tersebut dirangkum dalam sebuah makalah Proceedings of the National Academy of Sciences. Dari analisis gigi dan kerangka, peneliti menduga kerangka yang ditemukan berasal dari bayi yang meninggal sesaat setelah dilahirkan.

Penemuan situs tersebut sekaligus menguak individu termuda yang hidup pada masa Pleitosen yang pernah tinggal di Amerika. Tempat tersebut merupakan satu-satunya tempat pemakanan janin masa itu.

“Dua bayi dikubur dengan barang-barang dan bayi ketiga dikremasi dapat mewakili sisa-sisa manusia awal dari sub-artik Amerika Utara dan memberi bukti perilaku penguburan baru pada akhir Zaman Es,” tulis salah satu ilmuwan.

Advertisement

Para arkeolog meyakini proyektil yang ada pada kuburan tersebut sebelumnya melekat pada tanduk untuk digunakan sebagai senjata perburuan yang penting dilakukan dalam upacara pemakaman. Beberapa mainan dan ikan juga ditemukan dalam penggalian tersebut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif