News
Kamis, 13 November 2014 - 23:30 WIB

KASUS GLA KARANGANYAR : Gunakan Kursi Roda, Mantan Bupati Rina Iriani Dibawa ke LP Bulu

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengacara Rina, M. Taufik (tiga dari kanan) mendampingi Rina (ditutupi kain selimut) saat berada di Lembaga Pemasyarakat (LP) Kelas II A, Wanita, Bulu, Kota Semarang, Kamis (13/11/2014). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SEMARANG–Mantan Bupati Karanganyar Rina Iriani dinyatakan ditahan sejak 10 November hingga tiga bulan ke depan. Begitu mendengar penahanan tersebut Rina pun langsung pingsan saat sidang di pengadilan Tipikor Semarang beberapa waktu lalu. Rina kemudian di rawat di RS Bhayangkara.

Suasana Rumah Sakit (RS) Bhayangkara di Jl. Majapahit No. 140 Kota Semarang, sekitar pukul 08.30 WIB, Selasa (13/11/2014),  belum ramai pengunjung.

Advertisement

Sejumlah orang berpakaian dan bercelana coklat mendatangi rumah sakit tersebut, dan menuju ke kamar No. 202 Ruang VIP Cendana yang berada di lantai II.

Kamar No.202 tersebut merupakan tempat perawatan mantan Bupati Karanganyar, Rina Iriani, terdakwa kasus korupsi pembangunan perumahaan bersubsidi Griya Lawu Asri (GLA).

Advertisement

Kamar No.202 tersebut merupakan tempat perawatan mantan Bupati Karanganyar, Rina Iriani, terdakwa kasus korupsi pembangunan perumahaan bersubsidi Griya Lawu Asri (GLA).

Rina dirawat di RS Bhayangkara sejak Selasa (11/11/2014) sore, setelah kondisi kesehatan drop, pascaketua majelis hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, menetapkan penahanan terhadap dirinya.

Orang berpakaian dan bercalana cokelat tersebut diketahui adalah tim jaksa penuntut umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi (Kejakti) Jateng yang hendak melakukan eksekusi penahan terhadap Rina.

Advertisement

Kakak kandung Rina, Sriyono kepada Solopos.com menyatakan sempat menyampaikan keberatan kepada jaksa, karena kondisi adiknya masih sakit.

“Saya keberatan, karena kondisi Rina masih sakit, khawatir nanti kalau terjadi apa-apa dengan adik saya,” katanya yang saat itu tidak didampingi penasihat hukum Rina.

Sriyono yang saat itu menjaga Rina sendirian, akhirnya hanya bisa pasrah ketika tim JPU tetap membawa Rina dengan menggunakan mobil Kijang Innova ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Wanita, Bulu, Semarang.

Advertisement

Saat tiba di LP Wanita Bulu dan menunggu proses administrasi penahanan wajah dan tubuh Rina  ditutupi menggunakan kain selimut.

Sementara itu,  Koordinator Tim JPU, Sugeng Riyanta menyatakan pihaknya hanya melaksanakan penetapan majelis hakim.

Menurut dia, kondisi Rina sudah bisa diajak bicara dan duduk, kendati meski masih lemah serta tangannya diinfus.

Advertisement

“Eksekusi [penahanan] ini bukan dipaksa, tapi ada kesepakatan dengan pengacara dan pihak keluarga,” kata Sugeng Riyanta kepada wartawan terkait penjemputan Rina di RS Bhayangkara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif