News
Kamis, 13 November 2014 - 20:29 WIB

HARTA KARUN SUKOHARJO : Benda-Benda di Kuburan Kuno Dianggap Bisa Temani Roh

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo, Antonius Bimo Wijanarko, Minggu (9/11/2014), menunjukkan beberapa pecahan tembikar yang berserakan di areal persawahan desa tersebut. Areal persawahan itu kerap jadi lokasi perburuan benda-benda kuno. (Aries Susanto/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO—Benda-benda kuno yang dianggap harta karun oleh warga cukup banyak ditemukan di areal persawahan Joho, Sukoharjo. Joho diperkirakan sebagai kuburan kuno masa prasejarah. Salah satu bukti, ditemukan lumpang yang dianggap keramat. (Joho Kuburan Kuno)

Masa prasejarah di Nusantara berakhir sekitar abad V dengan ditemukannya sebuah prasasti Yupa di Kerajaan Kutai. (Sewa Paranormal Tunjukkan Lokasi)

Advertisement

Kepala Seksi (Kasi) Pelestarian dan Pemanfaatan Benda Cagar Budaya (BCB) Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jateng, Gutomo, masyarakat prasejarah percaya benda-benda yang di kubur bersama pemiliknya bisa menemani roh.

“[Masyarakat] Masa prasejarah memang percaya bahwa benda-benda yang ditinggal di dalam kubur bersama pemiliknya bisa menemani ke alam roh. Makanya, banyak ditemukan tembikar atau kendi di kuburan kuno. Ada perhiasannya juga,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu (12/11/2014).

Menurut Gutomo, harta benda yang ditinggal di kuburan tersebut diyakini bisa menemani kehidupan di alam roh.

Advertisement

Apabila tembikar yang dikuburkan hanya berjumlah 1 atau 2 buah, biasanya diletakkan di dekat kepala, sekitar badan, dan di daerah kaki.

Tetapi bila tembikar bekal kubur yang disertakan jumlahnya banyak, biasanya diletakkan berjejer di samping rangka atau diletakkan tersebar di sekelilingnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif