Soloraya
Kamis, 13 November 2014 - 08:30 WIB

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Harga Cabai Stabil Tinggi, Bawang Mengikuti…

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedagang cabai di Pasar Legi, Solo, Senin (27/10/2014). (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Harga cabai di Pasar Legi, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah stabil tinggi. Naiknya harga cabai yang dipuicu kurangnya stok di distributor itu, kini diikuti pula oleh harga bawang walaupun tidak signifikan.

Sudah lebih dari sepekan harga cabai di Pasar Legi berada di atas Rp25.000 per kilogram. Sebagaimana diberitakan Solopos.com, kenaikan harga itu bukan dipicu isu bakal naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) sebelum 2014 berakhir.

Advertisement

Berdasarkan pantauan harga oleh Solopos.com, komoditas cabai mulai mengalami kenaikan sejak Minggu (2/11/2014). Walaupun mendapat pasokan cabai dari luar kota, pedagang di Pasar Legi masih belum yakin harganya akan segera turun. Hal ini dikarenakan harga cabai dari luar kota biasanya sedikit lebih mahal.

“Harga cabai sepekan ini ada di [kisaran] harga Rp39.000 per kilo [gram] untuk cabai rawit dan Rp45.000 per kilo [gram] untuk cabai keriting. Kapan turun harga belum tahu, soalnya dari luar kota,” ujar Lastri, 31, salah seorang pedagang cabai di Pasar Legi, Rabu (12/11/2014).

Sardono, 42, seorang distributor cabai yang biasa memasok komoditas itu untuk Pasar Legi mengonfirmasi bahwa harga cabai di hulu jalur distribusi memang masih tinggi. Alasannya karena cabai yang ada saat ini ia datangkan dari pedagang besar di Jawa Timur dan Pulau Lombok.

Advertisement

“Bukan karena isu [kenaikan harga] BBM, tapi memang saya ambil dari juragan besar di Jatim dan Lombok, jadi harga memang sedikit tinggi. Lagi pula masa panen juga sudah lewat, jadi stok kami tidak banyak,” ujar Sardono.

Menanggapi kenaikan harga itu, Puput, 26, salah seorang pembeli cabai di Pasar Legi mengaku harus tetap membeli cabai meskipun harganya relatif tinggi. “Meskipun harga cabai masih tinggi, tetap saya beli karena memang sedang butuh,” ujar Puput.

Harga Bawang
Tidak jauh berbeda dengan harga cabai yang masih tinggi, harga kebutuhan pokok lain dapur, bawang putih maupun merah, juga mulai mengalami kenaikan walaupun tidak signifikan. Kenaikan harga bawang merah dan bawang putih itu diungkapkan salah seorang pedagang bawang di Pasar Legi, Darto, 46.

Advertisement

“Bawang naik sedikit, sekarang harganya jadi Rp10.000 per kilo untuk bawang merah dan Rp12.000 per kilo untuk bawang putih,” ujar Darto. (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif