News
Rabu, 12 November 2014 - 15:30 WIB

TOL LAUT JOKOWI : Rusia Siap Dukung Indonesia Menjadi Poros Maritim

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas pelabuhan (JIBI/Bisnis/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Visi Indonesia sebagai poros maritim yang ditawarkan Presiden Jokowi sejak Pilpres 2014 mulai mendapat respons internasional. Rusia berminat mendukung pembangunan infrastruktur maritim di Indonesia (termasuk tol laut) sesuai konsep Poros Maritim? Asia Pasifik yang digagas Jokowi.

Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia, Valentina Ivanova Matviyenko, menuturkan Indonesia merupakan mitra strategis Rusia di kawasan Asia Pasifik.

Advertisement

“Kami sangat tertarik prakarsa Presiden Indonesia Joko Widodo untuk membangun Indonesia sebagai poros maritim di kawasan Asia Pasifik. Ini pasti mendorong perluasan kerjasama di kawasan Asia Pasifik,” ujarnya seusai? bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Rabu (12/11/2014).

Agar prakarsa poros maritim di Asia Pasifik mencapai kesuksesan, Matviyenko menilai Indonesia perlu membangun banyak infrastruktur? penunjang. “Rusia siap bantu Indonesia untuk bangun infrastruktur pelabuhan dan infrastruktur maritim,” katanya.

?Wapres Jusuf Kalla menuturkan Indonesia dan Rusia punya riwayat kerjasama yang baik di bidang politik, perdagangan, dan investasi. Terkait infrastruktur maritim, pemerintah menargetkan pembangunan dan revitalisasi 24 pelabuhan di seluruh Indonesia. “Rusia mengunjungi Indonesia untuk mempererat hubungan kerjasama. Tentu sangat penting,” ujar JK.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif