Soloraya
Rabu, 12 November 2014 - 17:45 WIB

KASUS KANTOR BPSK : Renovasi Kantor BPKS Diduga Menyimpang, Kejari Periksa Kepala Disperindag Solo

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kantor BPSK Solo (JIBI/SOLOPOS/dok)

Solopos, SOLO – Tim penyelidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Solo mendeteksi lima item pekerjaan renovasi kantor Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Solo 2013 yang diduga menyimpang.

Hal itu diketahui setelah tim jaksa memeriksa seluruh saksi terkait dengan proyek yang bersumber dari dana APBD senilai Rp176 juta tersebut.

Advertisement

Tim memeriksa Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Solo, Rohanah, selaku pengguna anggaran, Rabu (12/11/2014).

Kasipidsus Kejari Solo, Erfan Suprapto, saat ditemui wartawan di kantornya seusai pemeriksaan menyampaikan pihaknya sudah menyelesaikan pemeriksaan terhadap seluruh saksi.

Tercatat jaksa telah memeriksa 21 orang yang semuanya terkait dengan proyek, baik ronovasi kantor pada 2013 maupun pengadaan barang pada 2014.

Advertisement

Para saksi itu seperti pihak CV Sandy Prayoga selaku pelaksana pekerjaan, sejumlah Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Pemeliharaan dan Pengadaan dari Disperindag, Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), dan Kepala Disperindag.

“Kami menemukan adanya pengembalian selisih dana dari kontraktor atas satu item pekerjaan, yakni pekerjaan kanopi. Selisih dana yang dikembalikan tidak lebih dari Rp1,5 juta. Ini indikasi kuat bahwa tidak menutup kemungkinan ada item pekerjaan lain yang juga tidak sesuai kontrak. Dan benar, ada sekitar lima pekerjaan lain yang terindikasi menyimpang,” terang Erfan.

Rohanah saat ditemui wartawan seusai diperiksa enggan berkomentar banyak. Ditanya mengenai proyek renovasi, audit Inspektorat, dan pengembalian selisih dana dari kontraktor, dia mengatakan semua baik-baik saja.

Advertisement

Seperti diketahui, renovasi terdiri atas 10 pekerjaan, yakni pekerjaan persiapan, taman, pintu, plafon, dinding partisi. Lima pekerjaan lainnya yakni pekerjaan keramik, area kamar mandi atau WC, instalasi listrik, atap, dan cat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif