Sport
Selasa, 11 November 2014 - 06:35 WIB

MOTOGP 2014: Pol Espargaro Raih Penghargaan Debutan Terbaik

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembalap Monster Yamaha Tech 3, Pol Espargaro, meraih gelar pembalap debutan terbaik. Ist/gpxtra.com

Solopos.com, VALENCIA— Pembalap Monster Yamaha Tech 3, Pol Espargaro, suskes meraih penghargaan sebagai pembalap debutan terbaik dalam kiprahnya di ajang MotoGP musim 2014 ini.

Pembalap Spanyol ini dianugerahi Rookie of the Year award dalam FIM Award 2014 setelah rampungnya balap motor kelas premier yang berakhir di GP Valencia, Minggu (9/11/2014).

Advertisement

Dilansir MotoGP, Senin (10/11), Pol resmi naik kelas dari Moto2 ke MotoGP di musim 2014 ini dengan bergabung bersama Yamaha Tech 3. Berbekal label juara dunia Moto2 2013, pembalap 23 tahun ini mengakhiri musim debutnya dengan bertengger di peringkat keenam klasemen akhir. Meski belum pernah merasakan manisnya kemenangan atau naik podium sekali pun, konsistensi penampilannya bikin Pol bisa masuk enam besar.

Kebahagiaan ini juga turut dirasakan sang kakak, Aleix Espargaro, yang lebih dulu turun di kelas MotoGP. Aleix yang kini membela NGM Forward Racing berhasil menjadi pembalap kelas terbuka terbaik di musim ini. Aksinya di lintasan balap dengan sekali meraih pole membikinnya duduk di peringkat ketujuh.

Gelar juara dunia di masing-masing kelas yang berbeda diserahkan kepada tiga pembalap Spanyol. Titel MotoGP menjadi milik Marc Marquez, sedangkan raja Moto2 adalah Tito Rabat, dan juara Moto2 adalah adik kandung Marc, Alex Marquez.

Advertisement

Sementara itu, pembalap Moto2, Maverick Viñales, memperoleh penghargaan sebagai Rookie of the Year di kelasnya. Sedangkan untuk pembalap debutan terbaik di kelas Moto3 disabet Enea Bastianini.

Untuk kategori kualifikasi terbaik yang menerima BMW M Award resmi diraih Marquez di kelas MotoGP, Tito Rabat di kelas Moto2, dan Jack Miller di Moto3. GP Indianapolis juga meraih award sebagai grand prix terbaik.

Kebahagiaan Honda semakin lengkap dengan dianugerahkannya titel juara dunia tim MotoGP sekaligus kampiun konstruktor. Di kelas Moto2 dimenangi Kalex dan tim terbaik Moto3 adalah KTM. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif