News
Selasa, 11 November 2014 - 12:15 WIB

KTT APEC : Presentasi Pakai Power Point, Begini Gaya Jokowi di KTT APEC

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jokowi Presentasi di APEC CEO Summit (youtube)

Solopos.com, SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi primadona KTT APEC di Beijing, Tiongkok, Minggu (9/11/2014). Dalam video yang diunggah akun resmi APEC, format Pidato Jokowi dibuat dengan gaya presentasi menggunakan power point.

Jokowi berpidato tanpa teks di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC). Dalam video yang diunggah di Youtube, (Lihat: http://www.youtube.com/watch?v=Lo2jx_IFAoU) Jokowi tampak memanfaatkan momentum pidatonya untuk presentasi.

Advertisement

Pidato Jokowi memang terkesan menarik. Presentasi menggunakan Bahasa Inggris, logat Jawa Jokowi masih sangat terasa. Eks-Wali Kota Solo itu juga sedikit terbata-bata dalam pengucapan.

Bahasa Inggris yang digunakan Jokowi terdengar sangat sederhana dan lugas. Jokowi juga tidak menggunakan kalimat-kalimat yang rumit untuk menerangkan macam-macam hal dalam presentasinya.

Dalam presentasi berdurasi sekitar 13 menit itu, Jokowi menerangkan program-program kerjanya, yang akan dilakukan, seperti pencabutan subsidi BBM untuk kegiatan yang lebih produktif, pembangunan tol laut, serta menjanjikan kemudahan dalam mengurus izin usaha.

Advertisement

Dalam pembuka dan penutup Jokowi selalu menekankan ajakan kerja sama dan investasi.

Pantauan Solopos.com, Selasa (11/11/2014), beragam komentar muncul dari netizen. Beberapa memuji, sebagian lain mengatakan Jokowi perlu berlatih berbahasa Inggris.

“Jokowi bicara dengan bahasa Inggris yang sederhana tapi jelas,” komentar Ahmad Alkatiri.

Advertisement

“Waduh kayak gementer si jokowi, belajar lg, kursus lg biar pinter,” tulis Bifa Doang.

“Ga perlu pake bahasa inggris yg rumit untuk dpt menyampaikan pesan, malahan bahasa inggris yang simple justru akan memudahkan investor2 untuk mengerti (ga semuanya itu mahir jg bro),” tulis Dany Hermawan.

Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri KTT APEC di Beijing, Tiongkok, pada 8-12 November 2014.

Setelah KTT APEC, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri ASEAN Summit di Myanmar pada 12-14 November 2014, kemudian melanjutkan perjalanan ke acara G-20 Leaders’ Summit di Brisbane, Australia, pada 15-16 November 2014.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif