Jogja
Senin, 10 November 2014 - 21:20 WIB

HARI PAHLAWAN : Mahasiswa IKIP PGRI Wates Rindukan Pahlawan yang Pro Rakyat

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, KULONPROGO-Puluhan mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Wates menggelar aksi damai di halaman kampus dan seputar Kota Wates untuk memperingati Hari Pahlawan, Senin (10/11/2014).

Aksi damai yang dilakukan dengan orasi, pembacaan puisi, membawa poster dan membagikan bunga ini sebagai bentuk mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan sekaligus tanda kerinduan akan hadirnya pahlawan masa kini yang pro rakyat.

Advertisement

Dosen IKIP PGRI Wates Wahyu Purwadi mengatakan aksi ini dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang dengan ikhlas menyumbangkan jiwa dan raga untuk negara.

Dinilainya, implementasi makna pahlawan saat ini adalah orang-orang yang berani menolak korupsi dan berkata jujur. “Sejauh ini sulit sekali kita temukan para pahlawan seperti ini dalam pemerintahan kita,” ujarnya.

Ia menjabarkan, pahwlawan yang menolak korupsi dan berkata jujur adalah pahlawan yang pro rakyat dan segala kebijakan yang diambil haruslah berujung pada kesejahteraan masyarakat.

Advertisement

Disinggung soal isu kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Wahyu mengungkapkan, hal itu tidak masalah selama kenaikannya tidak sewenang-wenang dan bermuara pada kebaikan rakyat.

Nugraha, 28, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IKIP PGRI Wates menuturkan pembagian bunga sebagai tanda duka karena masih banyak pahlawan atau veteran yang nasibnya terabaikan.

“Melalui pembagian bunga kepada masyarakat kami berharap dapat menggugah ingatan mereka kepada para pahlawan yang telah banyak berjasa,” ungkapnya.

Advertisement

Endah Tri Susanti, 20, mahasiswi jurusan Pendidikan Sejarah menjabarkan pahlawan masa kini tidak lagi berjuang secara fisik, melainkan melalui kebijakan yang menyejahterakan rakyat.

Soal kenaikan harga BBM, Endah mengaku tidak masalah selama pengurangan subsidi yang diterapkan untuk kebaikan rakyat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif