Lifestyle
Minggu, 9 November 2014 - 07:00 WIB

SERBA LIMA : Inilah 5 Manga dan Anime Jepang Paling Inspiratif

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Naruto Uzumaki dalam seri Manga Naruto (fanpop.com)

Solopos.com, SOLO – Manga populer Jepang, Naruto akhirnya tamat di chapter ke-700. Serial komik yang juga diadaptasi dalam format anime ini akhirnya menyelesaikan 15 tahun petualangannya.

Oleh penggemarnya, Naruto dianggap sebagai salah satu komik dengan kisah paling inspiratif. Cerita yang dihadirkan penulisnya, Masashi Kishimoto mengandung banyak pesan hidup.

Advertisement

Naruto jadi salah satu di antara sejumlah manga dan anime asal negeri sakura yang dikenal punya pengaruh bagi perkembangan anak-anak.  Berikut Solopos.com kumpulkan 5 manga Jepang paling inspiratif dalam Serba Lima, Sabtu (8/11/2014);

Captain Tsubasa

Captain Tsubasa

Captain Tsubasa (wikipedia)

Advertisement

Tahukah Anda, dari bintang top Barcelona, Andres Iniesta, Fernando Torres hingga punggawa Italia di Piala Dunia 2006, Genaro Gattuso adalah sedikit dari sekian banyak penggemar seri manga dan anime Captain Tsubasa. Beberapa mengaku terinspirasi dari kisah tokoh manga yang dikenal bernama Tsubasa Ozora.

Manga yang dikarang Yoichi Takahashi juga jadi saksi kebangkitan sepak bola di Jepang. Dulu Jepang hanya bisa bermimpi menempatkan pemain-pemainnya sejajar dengan bintang top di Eropa. Namun sekarang, pemain-pemain Jepang seperti Keisuke Honda hingga Shinji Kagawa justru jadi andalan di klub top Eropa.

Laman lelucon sepak bola, Footy Jokes sempat menamai pemain-pemain top Jepang di Eropa sebagai Tsubasa’s Dream.

Slam Dunk

Slam Dunk (wikipedia.org)

Advertisement

Slam Dunk

Manga bikinan Takehiko Inoue ini bukan hanya menginspirasi antusiasme terhadap olahraga basket. Sejumlah pengarang manga lain, seperti Masashi Kishimoto mengakui Slam Dunk sangat berpengaruh pada karakteristik tokoh-tokoh di komik Naruto yang dikarangnya. Slam Dunk disebut-sebut telah mengubah gaya penokohan manga dan anime di Jepang.

Manga ini mengisahkan karakter utama bernama Hanamichi Sakuragi yang bukan seorang apa-apa berlatih untuk menjadi pebasket yang hebat di sekolahnya, Shohoku. Hanamichi harus bekerja keras untuk menyaingi rekan timnya yang jenius, Rukawa Kaede untuk mendapatkan perhatian perempuan idamannya.

Manga yang telah diadaptasi dalam kartun atau anime ini sempat menghiasi sejumlah TV di Indonesia. Bahkan, pada awal millennium sempat jadi seri kartun paling populer.

Advertisement

Naruto

Naruto Uzumaki dalam seri Manga Naruto (fanpop.com)

Naruto

Dari sekian banyak manga bikinan Masashi Kishimoto, hanya Naruto yang diakui paling berpengaruh. Berbagai teladan dan motivasi jadi nilai tambah seri manga yang pertama kali muncul September 1999 ini.

Naruto menceritakan seorang bocah bernama Naruto Uzumaki. Bocah yang dirasuki monster rubah ekor sembilan ini dikucilkan dari lingkungannya.

Advertisement

Dikenal sebagai bocah yang tak punya prestasi, lantas Naruto berusaha keras untuk menjadi seorang yang diakui. Dalam perjalanannya meraih cita-cita inilah Masashi menyisipkan banyak kisah-kisah pendek yang sangat melekat bagi penggemarnya.

One Piece

One Piece

Seri Manga One Piece jadi salah satu yang cukup populer di Indonesia. Ragam karakter yang ada di seri manga ini punya perwatakan yang menarik. Beberapa di antaranya dianggap telah melekatkan pengaruhnya pada perkembangan anak-anak di Jepang. Seperti karakter Luffy yang periang dan pantang menyerah.

One Piece (wikipedia)

One Piece memecahkan rekor dunia penjualan tercepat dengan volume 63 terjual 2.119.400 dalam 4 hari. Rekor sebelumnya dipegang volume 60 dan 61 oleh manga ini. Selain itu One Piece juga memecahkan rekor Jepang sebagai Cetakan pertama terbanyak.

Eyeshields 21

Eyeshields 21

Advertisement

Manga ini boleh dibilang “datang terlambat” di Indonesia. Nyaris serupa dengan Slam Dunk dan Naruto, cerita manga ini seputar persaingan karakter dalam satu tim. Bedanya, karakter utama manga ini adalah seorang jenius yang disebut-sebut berkecepatan tinggi, Sena.

Anime karya Riichiro Inagaki dan Yuusuke Murata yang bercerita tentang seorang sekelompok murid SMA yang mengikuti kegiatan klub American football di sekolahnya. Eyeshield 21 pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha dalam majalah Shonen Jump.

Eyeshields 21 (shonen)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif