News
Minggu, 9 November 2014 - 14:22 WIB

KTT APEC 2014 : Presiden China Berpantun di Depan Jokowi

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Tiongkok Xi Jinping (csmonitor.com)

Solopos.com, BEIJING — Presiden China, Xi Jinping, mengatakan hubungan kemitraan strategis komprehensif Indonesia-China merupakan yang paling dinamis di kawasan Asia Pasifik.

Dilaporkan Antara, hal itu disampaikan Presiden Xi Jinping saat pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Balai Agung Rakyat di Beijing, Minggu (9/11/2014), di sela-sela kunjungan untuk menghadiri KTT APEC 2014. Selain itu, Presiden Xi juga mengatakan hubungan Indonesia-China telah berjalan sangat lama dan memiliki persahabatan yang dalam.

Advertisement

“Ada pepatah Indonesia berbunyi, jauh di mata dekat di hati. Meski pun dua negara terpisah oleh laut dan samudera luas, namun besarnya gelombang tidak menghalangi pertukaran kita, mulai dari pelayaran Laksamana Cheng Ho hingga Konferensi Asia Afrika,” kata Xi Jinping berpantun.

Presiden Xi Jinping juga mengatakan kedua negara telah menjalin persahabatan yang dalam, dengan saling menghormati sebagai tetangga dan sahabat lama. Pada kesempatan itu, Presiden Xi Jinping menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden RI selama periode lima tahun kedepan.

“Saya yakin dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia akan semakin maju, termasuk dalam pembangunan dan pergaulan internasional,” ujarnya.

Advertisement

Presiden Xi Jinping yang antara lain didampingi Menteri Luar Negeri China, Wangg Yi, berharap hubungan dan kerja sama Indonesia dan Tiongkok yang telah berjalan sangat baik, dapat lebih ditingkatkan di masa datang, dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Balai Agung Rakyat itu, Presiden Joko Widodo didampingi Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, dan Wakil Ketua DPD GKR Hemas.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif