News
Minggu, 9 November 2014 - 22:15 WIB

Kini, Beli Tiket Kereta Api Lokal di Jogja Hanya Butuh Waktu 6 Detik

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Harianjogja.com, JOGJA- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) VI Jogja, Sabtu (8/11/2014), resmi meluncurkan tiket thermal untuk kereta api komuter atau kereta lokal guna mempercepat pelayanan pencetakan tiket.

“Pengguna jasa kereta api semakin banyak sehingga dibutuhkan pelayanan yang lebih cepat, khususnya untuk pencetakan tiket,” kata Executive Vice Presiden PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Jogja, Sunarjo, Sabtu (8/11/2014).

Advertisement

Menurut dia, pencetakan tiket yang lebih cepat akan mampu mengurangi antrean calon penumpang di depan loket tiket seperti yang selama ini kerap ditemui di stasiun yang berada di Daerah Operasi VI Yogyakarta.

Berdasarkan data, volume penumpang kereta lokal di stasiun Daerah Operasi VI Jogja mencapai 1.000 hingga 2.500 orang per hari.

Tiket thermal berlaku untuk seluruh kereta lokal yaitu KA Prambanan Ekspres, KA Sriwedari, dan KA Madiun Jaya. Lokasi penjualan tetap seperti sebelumnya, yaitu di stadiun keberangkatan seperti Kutoarjo, Jenar, Wates, Jogja Tugu, Lempuyangan, Maguwo, Klaten, Purwosari dan Solo Balapan.

Advertisement

Sebelum menggunakan tiket thermal, PT KAI memberlakukan pencetakan tiket kereta komuter dengan pencetak dot matrix atau sama dengan tiket untuk kereta jarak jauh.

Tiket yang dicetak dengan mesin pencetak dot matrix rata-rata membutuhkan waktu cetak sekitar 14 detik, sedangkan dengan tiket thermal hanya dibutuhkan waktu sekitar setengah detik.

Sementara itu, saat peluncuran tiket thermal di Stasiun Tugu, rata-rata dibutuhkan waktu sekitar enam detik untuk memberikan pelayanan kepada satu penumpang dari mulai proses pembayaran hingga penyerahan tiket.

Advertisement

“Jika uang yang diberikan pas, maka waktu yang dibutuhkan sejak penyerahan uang hingga penyerahan tiket adalah enam detik. Efisiensi waktu ini yang kami utamakan,” kata Adviser Bidang Komersial PT KAI Prasetyanti.

Efisiensi waktu pencetakan tiket thermal dapat dicapai karena informasi yang dicetak di tiket tersebut tidak sebanyak informasi yang tercetak di tiket kereta jarak jauh.

Di dalam tiket thermal hanya mencantumkan informasi nama kereta api, stasiun keberangkatan, tanggal dan jam keberangkatan. Tidak ada nama penumpang seperti yang tercetak di tiket kereta jarak jauh.

“Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk pencetakan tiket thermal jauh lebih murah. Biaya cetak satu lembar tiket kereta jarak jauh adalah Rp108 hingga Rp120, sedangkan untuk tiket thermal Rp20 hingga Rp27,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif