Lifestyle
Sabtu, 8 November 2014 - 16:45 WIB

SERBA LIMA : 5 Danau Ini Punya Panorama Menakjubkan

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Danau Labuan Cermin (kaskus)

Solopos.com, SOLO – Keindahan alam di Indonesia memang menakjubkan. Berbagai keindahan alam dimiliki Indonesia. Pesonanya pun mengandung berbagai keunikan dan daya tarik yang layak untuk dikunjungi.

Lelahnya perjalanan menjadi terbayarkan oleh keindahan dan pesona alam itu. Bukan hanya gunung dan pantai, danau juga jadi bagian eksotis dari Indonesia.

Advertisement

Inilah lima danau terindah di Indonesia yang dirangkum Solopos.com, Sabtu (8/11/2014);

Danau Satonda

Danau Satonda

Danau ini berada di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat tepatnya di tengah Pulau Satonda. Danau ini terbentuk akibat letusan dari Gunung Tambora. Saat letusan terjadi tsunami dan air laut itu terperangkap di Danau Satonda, hal ini menjadi keunikan dari danau itu sebab airnya menjadi asin.

Advertisement

Danau Satonda (wikipedia)

Danau Satonda ini juga mirip dengan lautan purba sebab muncul satromatolit atau bakteri yang dapat hidup pada zaman Kambrium. Bakteri hidup sempurna di lingkungan ekstrem dan cocok berkembang di Danau Satonda. Hal ini juga mengundang rasa penasaran para peneliti dari berbagai negara untuk melakukan penelitian.

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Advertisement

Danau Gunung Tujuh (detik)

Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh yang berdekatan dengan Gunung Kerinci, Jambi. Danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung yang membuatnya bernama Gunung Tujuh. Tujuh gunung di antaranya Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh.

Danau yang terletak pada ketinggian 1.950 mdpl ini menjadikannya danau tertinggi di Asia Tenggara. Danau ini juga dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian masyarakat setempat, yakni sebagai nelayan. Anda pun dapat menyewa sampan milik nelayan untuk berkeliling danau.

Danau Maninjau

Danau Maninjau (wikipedia.org)

Danau Maninjau

Sumatra Barat menyimpan sebuah keindahan danau yang bernama Maninjau.

Air danau ini sebagai sumber dari aliran Sungai Batang Sri Antokan yang dimanfaatkan untuk sumber listrik PLTA Maninjau.

Tak ingin melewatkan kesegaran udara di pagi hari, Anda dapat berenang di danau. Di sore hari Anda dapat menikmati matahari tenggelam dengan menyewa kano dan berkeliling danau.

Danau Sentani

Danau Sentani

Danau Sentani (indonesia.travel)

Inilah keindahan danau di Indonesia bagian timur, Papua. Berwisata di Danau Sentani Anda dapat menikmati wasita berenang, memancing, menyelam, hingga kuliner. Tak hanya itu, Anda dapat menikmati kesenian Papua berupa Festival Danau Sentani yang diadakan pada pertengahan bulan Juni setiap tahunnya.

30 Spesies ikan pun hidup di dalam danau tersebut. Empat spesies ikan di antaranya merupakan asli dari Danau Sentani, yaitu ikan gabus Danau Sentani, ikan pelangi Sentani, ikan pelangi merah, dan hiu gergaji.

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin

Diberi nama Labuan Cermin karena airnya yang bening dan pengunjung dapat bercermin di permukaan air danau. Danau yang terletak di Kalimantan Timur ini memiliki keunikan dengan percampuran air asin dan air tawar. Di permukaan danau adalah air tawar dan di bagian bawah adalah air asin. Ikan-ikan yang hidup pun sesuai dengan airnya.

Danau Labuan Cermin (kaskus)

(A.Nindya Paramita/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif