Jogja
Sabtu, 8 November 2014 - 21:15 WIB

PENGGANGGURAN TERBUKA : Diprediksi Hingga Akhir 2014 Jumlah Meningkat Lagi, Ini Alasannya ..

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lowongan ilustrasi

Harianjogja.com, JOGJA– Kepala Dinas Tenaga Kerja DIY Sigit Sapto Raharjo memproyeksikan tahun ini penambahan jumlah angkatan kerja di DIY pada tahun ini berkisar 100.000 tenaga kerja baru. Sebelumnya, ujarnya, jumlah angkatan kerja di DIY mencapai 1,9 juta orang dan sekarang menjadi sekitar dua juta orang.

“Jumlah angkatan kerja meningkat karena adanya tambahan angkatan kerja baru. Ada kemungkinan angkatan kerja baru ini belum
dapat pekerjaan pasti atau pekerjaannya masih bersifat sampingan sehingga jumlah pengangguran terbuka meningkat,” ujarnya.

Advertisement

Jika mengacu data BPS, dari lima kabupaten/kota di DIY hanya Bantul yang secara konsisten mengalami penurunan angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT)  dari tahun ke tahun. Sementara itu, TPT di sebanyak empat kota/kabupaten lainnya mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun.

TPT merupakan perbandingan antara jumlah penganggur dengan jumlah angkatan kerja. Jumlah TPT dapat dipergunakan untuk
memonitoring dan evaluasi perkembangan angka pengangguran. Mengacu data BPS, pergerakan angka TPT DIY pada Agustus 2014 berbeda dengan pergerakan angka TPT tingkat nasioal.

Sementara TPT DIY meningkat 0,09 poin year on year, TPT nasional justru turun dari 6,17% menjadi 5,94% karena proporsional
jumlah penganggur dengan angkatan kerja DIY lebih kecil dari tingkat nasional.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif