News
Jumat, 7 November 2014 - 05:40 WIB

PEMBOBOLAN ATM : Sindikat Pembobol ATM di Jateng DIY Diringkus di Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tahanan (JIBI/Solopos/Antara/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA-Polresta Jogja meringkus tiga tersangka bagian dari sindikat pembobolan uang di sejumlah mesin anjungan tunai mandiri atau ATM di wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Ketiga tersangka adalah Muslim Mubarok, 32, warga Serpong, Tanggerang; Usmadi, 29, dan Udrial Ali, 35, keduanya warga Padang, Sumatera Selatan. Mereka ditangkap secara beruntun, Rabu (5/11/2014) malam.

Advertisement

Kepala Polresta Jogja Komisaris Besar Polisi Slamet Santoso mengatakan, penangkapan tersangka dilakukan setelah ada laporan pencurian kartu ATM BCA.

Korban Hepy Sulistiyowati melapor kartu ATMnya dicuri tersangka tak lama setelah korban tak bisa mengakses ATM BRI di Jalan Pasar Kembang, Malioboro pada Rabu, dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

Polisi kemudian menindaklanjuti laporan tersebut dan langsung melakukan pengejaran. Akhirnya polisi meringkus Udrial Ali di Simpang Jalan Demangan, Gondokusuman, pukul 18.00 WIB. Dari keterangan Udrial Ali pula polisi bisa menangkap dua tersangka lainnya Muslim Mubarok dan Usmadi di Klaten Jawa Tengah.

Advertisement

Menurut Slamet, ketiga tersangka bersekongkol melakukan kejahatan dan memiliki tugas masing-masing. Udrial sebagai sopir dan operator telepon.

Muslim Mubarok selaku yang menempelkan nomor call center palsu di sekitar mesin ATM, ia juga yang merusak mesin ATM dengan memasukkan batang korek api. Kemudian Usmadi yang mencuri ATM korban.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif