Jogja
Jumat, 7 November 2014 - 11:20 WIB

BANDARA KULONPROGO : PT AP I Berencana Adopsi Pendekatan Kultural, Seperti Apa?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Harianjogja.com, KULONPROGO—PT Angkasa Pura (AP) I berencana mengadopsi pendekatan kultural yang dilakukan PT AP II dalam pembangunan bandara baru di Kecamatan Temon. Hal itu diungkapkan Direktur Kepersetaan dan Keuangan PT AP I Aryadi Subagyo seusai pelaksanaan kunjungan kerja Pemkab Kulonprogo ke Bandara Ineternasional Minangkabau (BIM) PT AP II di Padang Pariaman belum lama ini.

Menurut Aryadi pendekatan kultural yang dilakukan PT AP II dalam tahap pembebasan lahan dinilai efektif dan berhasil membuat warga percaya serta membuktikan pembangunan bandara selalu berdampak positif bagi warga sekitar. Dalam proses pembangunan BIM, tuturnya, pembebasan lahan melibatkan tokoh adat yang memiliki sebagian besar tanah.

Advertisement

“Saya akan menyampaikan hasil pertemuan kepada jajaran direksi dan menentukan langkah strategis selanjutnya,” ujarnya belum lama ini.

Diungkapkannya, pembangunan bandara bukan untuk mencari keuntungan karena dari segi bisnis break-even point (BEP) bandara baru yang berada di Temon akan tercapai setelah 17 tahun. Ia menilai, pembangunan bandara baru bertujuan untuk membuat city airport pertama di Indonesia yang berdampak pada kemajuan wilayah di sekitarnya.

“Kalau berpikir segi bisnis biar saja bandara tetap di Adisucipto dan pengunjung berdesak-desakan, namun kami mengedepankan aspek pelayanan sehingga kenyamanan tetap harus diutamakan,” terang Aryadi.

Advertisement

Ia mengatakan dalam penerapan pendekatan kultural akan menggandeng UGM untuk melakukan pemetaan sehingga jelas emografis

serta psikografis masyarakat setempat. Persoalan-persoalan lain yang ditemukan dalam kunjungan, imbuhnya, juga akan ipaparkan secara detail kepada direksi, seperti, latar belakang kepemilikan lahan, kondisi lahan, dan sebagainya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif