Lifestyle
Kamis, 6 November 2014 - 06:35 WIB

TIPS KARIER : 4 Kesalahan Fatal Saat Wawancara Kerja

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi wawancara kerja (Magforwomen.com)

Solopos.com, SOLO – Wawancara kerja berperan sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk menilai pribadi si pelamar kerja lebih dekat. Saat pewawancara kerja tertarik dengan Anda, maka semakin terbuka lebar pintu Anda memasuki perusahaan yang Anda inginkan.

Namun, beberapa kesalahan dalam menjawab wawancara kerja justru sering kali dilakukan oleh pencari kerja. Berikut ini beberapa kesalahan fatal saat seseorang menghadapi wawancara kerja sebagaimana dikutip Solopos.com, Rabu (5/11/2014), dari Bussines News Daily:

Advertisement

Berpura-pura Dapat Melakukan Berbagai Hal
Satu kesalahan wawancara umum yang biasa dilakukan pelamar kerja adalah berpura-pura pandai atau dapat melakukan setiap tugas yang telah mereka jelaskan. John Mahony, COO dari staf lembaga pencari kerja, Kavaliro, Florida, AS mengatakan bahwa kejujuran adalah hal terbaik.

Tak Mengajukan Pertanyaan
Kesalahan yang kerap dilakukan oleh pelamar kerja adalah tidak mengajukan pertanyaan saat pewawancara memberikan waktu untuk bertanya. Hal itu akan menunjukkan ketidaksiapan Anda. Seharusnya, Anda dapat memikirkan sesuatu pertanyaan tentang pekerjaan, perusahaan, atau budaya.

Membawa Pengalaman Buruk
Menceritakan pengalaman buruk di lingkungan kerja Anda terdahulu dapat memberikan kesan negatif bagi pewawancara kerja. Memberitahukan sifat buruk bos Anda di masa lalu dapat membuat perusahaan justru berpikir dua kali untuk mempekerjakan Anda.

Advertisement

Tak Mempunyai Pengetahuan Dasar Perusahaan
Dalam wawancara kerja, pewawancara biasa memberikan pertanyaan pengetahuan dasar tentang perusahaan. Karenannya, pelamar kerja seharusnya mempersiapakan diri mengenai company profile. Mampu menjawab pertanyaan akan memberikan poin positif untuk Anda.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif