News
Rabu, 5 November 2014 - 14:00 WIB

11 Helikopter Anti-Kapal Selam akan Perkuat Pertahanan Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Helikopter jenis rotorcraft Airbus AS565 MBe Panther (Istimewa/www.armyrecognition.com)

Solopos.com, JAKARTA — Airbus Helicopters (sebelumnya Eurocopter), salah satu divisi Airbus Group–produsen helikopter terbesar di dunia, hadir di pameran teknologi militer Indo Defense 2014 di Jakarta. Indonesia pun memesan produk Airbus berupa 11 helikopter anti-kapal selam atau anti-submarine warfare.

Helikopter yang dibeli pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan itu merupakan helikopter jenis rotorcraft Airbus AS565 MBe Panther untuk meningkatkan kemampuan perang anti-kapal selam.

Advertisement

“Panther kini menjadi salah satu platform ringan/sedang anti-kapal selam yang terbaik di dunia, dengan rangkaian ASW terdepan dan kemampuan untuk beroperasi dari korvet atau fregat kecil,” kata Direktur Airbus Helicopters untuk Asia Tenggara dan Pasifik, Philippe Monteux, dalam keterangan tertulisnya pada pameran Industri Pertahanan Indo Defence Expo 2014 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/11/2014).

Dengan jadwal pengiriman selama tiga tahun, helikopter AS565 MBe akan dipasok oleh Airbus Helicopters untuk PT Dirgantara Indonesia. Melalui kesepakatan industri strategis antara dua mitra ini, PT Dirgantara Indonesia akan memperlengkapi rotorcraft ini dengan peralatan penunjang misi sebelum diserahkan kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut.

Peralatan tersebut mencakup dipping sonar helicopter long-range active sonar (HELRAS) dan sistem peluncur torpedo yang membuat helikopter itu mampu beroperasi dari daratan maupun kapal. “Solusi modern dan andal ini memenuhi kriteria kelautan Indonesia dan negaranegara lain di kawasan Asia-Pasifik, berkat kemitraan kami dengan PT Dirgantara Indonesia dan pemasok sistem terbaik yang ada di industri ini,” katanya.

Advertisement

Pesanan ini akan menambahkan armada helikopter rotorcraft Airbus TNI, yang menjaga pertahanan negara di darat, laut, dan udara. Selama pameran yang berlangsung pada 5-8 November di area JIEXPO Kemayoran ini, Airbus Helicopters akan menyoroti kemitraan dengan PT Dirgantara Indonesia (Indonesian Aerospace).

“Airbus Helicopters juga menyoroti pertumbuhan armadanya di lingkungan TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Basarnas,” tulis siaran pers Airbus Helicopters, Rabu (5/11/2014).

AS565 MBe Panther merupakan salah satu platform ringan/sedang anti-kapal selam (anti-submarine warfare, ASW) terbaik di dunia. Pesanan ini akan menambahkan armada helikopter rotorcraft Airbus TNI, yang akan menjaga pertahanan negara di darat, laut, dan udara.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif