Lifestyle
Selasa, 4 November 2014 - 09:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Begini Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Solopos.com, SOLO – Masalah lambung menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Mengonsumsi makanan yang salah, serta kurangnya olahraga menjadi faktor utama penyebab perut kembung. Ada beberapa langkah mudah untuk mengatasi perut kembung.

Berikut beberapa cara mudah mengatasi perut kembung sebagaimana dilansir Boldsky, Senin (3/10/2014):

Advertisement

– Makan Sedikit demi Sedikit
Sangat penting bagi Anda untuk makan sedikit demi sedikit dan mengunyahnya secara perlahan. Makan terlalu banyak akan berakibat udara yang masuk ke sistem pencernaan juga semakin besar sehingga menyebabkan gas di dalam perut juga semakin besar.

Saat Anda mengunyah makanan dengan benar, maka pencernaan menjadi lebih mudah karena air liur memecah partikel makanan dan melunakkan makanan. Enzim amilase dan enzim lipase Alpha lingual dalam air liur membantu memecah karbohidrat dan lemak dalam makanan.

– Hindari Soda dan Jus
Kita sering berpikir bahwa soda dapat membantu membuang gas lambung dan mengurangi rasa sakit. Namun, minuman berkarbonasi justru menyebabkan masalah lambung.

Advertisement

Gelembung dalam minuman berkarbonasi dan gula dalam jus buah dapat menyebabkan gas dalam perut bertambah. Itu sebabnya, setelah minum soda atau jus buah, Anda merasa kembung.

– Berjalan Ringan
Setelah makan berat atau ringan cobalah untuk berjalan-jalan kecil. Hal ini akan membantu Anda meningkatkan sistem pencernaan dan membantu memecah partikel makanan keras di perut.

Berjalan ringan juga dapat membantu menurunkan berat badan. Jadi, berjalanlah selama beberapa waktu setelah makan.

Advertisement

Berhenti Merokok
Efek samping dari nikotin adalah gas berlebih dalam perut. Tak hanya menyebabkan gas, merokok juga dapat menyebabkan seseorang berisiko dehidrasi. Jadi berhentilah merokok.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif