Jogja
Senin, 3 November 2014 - 03:31 WIB

PENCEMARAN LINGKUNGAN : Pembakaran Sampah Masih Terjadi, Oknum Sulit Ditemukan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beberapa orang tampak sedang memilah sampah di TPS liar, Dusun Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Sleman. (JIBI/Harian Jogja/Rima Sekarani)

Harianjogja.com, SLEMAN-Masalah pembuangan dan pembakaran sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) liar di Dusun Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Depok belum berakhir. Meski pun aktivitas tersebut telah sepakat dihentikan pada pertengahan Oktober kemarin, asap masih saja mengepul di sana, Sabtu (1/11/2014).

Akibatnya, warga Sorogenen 2, Purwomartani, Kalasan terpaksa harus kembali bertahan dengan asap pembakaran sampah yang cenderung mengarah ke permukiman mereka.

Advertisement

“Pembuangan dan pembakaran sampah masih ada. Bahkan, saat rombongan Bu Wabup [Wakil Bupati Sleman] meninjau pada Selasa (28/10/2014) kemarin,” kata Dukuh Sorogenen 2, Hartono, kepada Harianjogja.com, Sabtu pagi.

Hartono mengungkapkan, Wakil Bupati Sleman, Yuni Satia Rahayu sempat datang bersama tim dari Kantor Lingkungan Hidup (KLH), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (DPUP), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sleman.

“Katanya minggu depan akan dirapatkan solusinya. Namun, sekarang sampah sudah mulai diambil petugas untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” papar Hartono.

Advertisement

Mujilah, 35, warga Sambilegi Lor mengungkapkan, masih ada oknum yang nekad membuang sampah di TPS liar Sambilegi Lor, terutama pada malam hari. Namun, dia tidak tahu siapa pelakunya, termasuk oknum pembakar sampah.

“Kalau orang-orang yang memilah sampah itu saya kenal. Mereka warga Maguwoharjo. Kalau yang membakar sampah itu orang tidak jelas, tapi jelas bukan warga sini,” ungkap Mujilah yang rumahnya tidak jauh dari TPS liar.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif