Sport
Minggu, 2 November 2014 - 05:25 WIB

ATP WORLD TOUR FINALS 2014 : Nishikori Bikin Sejarah di ATP World Tour Finals

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petenis Kei Nishikori membuat sejarah WTA Tours Finals menjadi wakil Asia pertama. Ist/livetennis.com

Solopos.com, PARIS — Delapan petenis terbaik dunia telah memastikan tempat dalam ATP World Tour Finals 2014 di London, 9-16 November. Untuk kali pertamanya, Asia menempatkan satu wakil di turnamen paling bergengsi itu menyusul kesuksesan petenis Jepang, Kei Nishikori, menapaki babak semifinal Paris Masters 2014.

Nishikori menekuk petenis Spanyol, David Ferrer, dengan skor 3-6, 7-6 (7-5), 6-4, di babak perempat final, Jumat (31/10/2014). Kemenangan itu membuat Nishikori melejit ke peringkat kelima dunia. Sementara itu, Ferrer yang sebelumnya menempa urutan keenam harus tergelincir ke ranking ke-10 dan terdepak dari kualifikasi ATP World Tour Finals.

Advertisement

Di babak semifinal Paris Masters, Sabtu (1/11) malam waktu setempat, Nishikori berhadapan dengan petenis ranking pertama dunia, Novak Djokovic. Namun, hasil laga final tidak akan mengubah kepastian tiket ke World Tour Finals yang telah dikantongi petenis berusia 24 tahun itu.

“Saya rasa ini adalah kesempatan emas, khususnya untuk Jepang. Sangat hebat bisa menikmati momen ini, untuk kali pertamanya saya mendapat kesempatan tampil di London,” kata Nishikori, seperti dilansir Yahoo Sports, Jumat.

Nishikori menembus peringkat 10 teratas dunia untuk kali pertama pada 12 Mei lalu. Dia menjadi petenis pria pertama di Asia yang sukses menempati posisi elit sejak kiprah yang ditorehkan petenis Thailand, Paradorn Srichaphan, pada 29 Maret 2004. Di bawah binaan pelatih Michael Chang, dia berhasil mengalahkan tiga petenis papan atas dunia, Milos Raonic, Stanislas Wawrinka, dan Djokovic, untuk mencapai final US Open.

Advertisement

Sepanjang kampanye musim ini, Nishikori telah mencatatkan rekor 52 kemenangan dan hanya 11 kali kalah. Dia juga merebut empat trofi ATP World Tour di U.S. National Indoor Tennis Championships (Memphis), Barcelona Open, Malaysian Open, dan Japan Open Tennis Championships.

Sejarah anyar juga ditorehkan Milos Raonic sebagai petenis Kanada pertama yang berhasil lolos ke ATP World Tour Finals. Dia merebut peringkat kedelapan dunia setelah menyingkirkan petenis ranking kedua dunia, Roger Federer, dengan skor 7-6(5), 7-5 di perempat final. Di semifinal, Raonic bertarung dengan Tomas Berdych, yang lebih dulu melaju ke London setelah mengalahkan Kevin Anderson.

“Ini tentu akan meningkatkan karier saya, dengan level yang berhasil saya dapatkan. Dan mengingat semua keadaan ini, saya rasa ini adalah kemenangan terbesar bagi saya,” kata Raonic, seperti dilansir atpworldtour.com.

Advertisement

Berkat kemenangan itu, Raonic berhak menyusul langkah Nishikori, Djokovic, Federer, Wawrinka, Andy Murray, dan Berdych, yang lebih dulu memastikan langkah ke London. Petenis ranking ketiga dunia, Rafael Nadal, mundur karena harus menjalani operasi usus buntu, sehingga Marin Cilic yang menduduki peringkat kesembilan dunia berhak mengambil alih tiket ke World Tour Finals.

“Saya sangat termotivasi. Saya rasa telah berjuang sebaik mungkin untuk mencapai level ini, dan akhirnya saya bisa mewujudkannya pekan ini,” kata Raonic mengomentari peluangnya tampil di ATP World Tour Finals.

Petenis berusia 23 tahun itu telah mengoleksi satu gelar di Citi Open, Washington, musim ini. Dia juga tercatat 13 kali mencapai babak perempat final selama mengarungi berbagai turnamen musim ini. Raonic meraih posisi runner up karena kalah dari Nishikori di final Japan Open. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif