Jateng
Sabtu, 1 November 2014 - 02:50 WIB

TATA KOTA SEMARANG : Percantik Kota Lama, Pemkot Bakal Bangun Taman Srigunting

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu alat berat yang digunakan pada proyek pembangunan ruang terbuka hijau dioperasikan di Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Selasa (21/10/2014). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Ilustrasi proyek pembangunan (21/10/2014). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Di kawasan Kota Lama Semarang bakal dibangun Taman Srigunting untuk semakin mempercantik kawasan yang dikelilingi bangunan-bangunan peninggalan zaman Belanda itu.

Advertisement

“Pembangunan Taman Srigunting direncanakan untuk mempercantik kawasan,” kata Kepala Bidang Perencanaan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Semarang M Farchan seperti dikutip Antara, Jumat (31/10/2014).

Menurut dia, pembangunan Taman Srigunting Semarang direncanakan dengan anggaran Rp600 juta yang berasal dari Direktorat Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (Kementerian PU).

Secara pola, kata dia, tidak ada perubahan konsep pembangunan dari ruang terbuka hijau (RTH) yang sudah ada persis di samping Gereja Blenduk, tetapi memang ada penambahan beberapa bangunan.

Advertisement

“Hanya ada penambahan beberapa ‘item’ bangunan, penguatan identitas tulisan Taman Srigunting, serta penguatan tata cahaya untuk menguatkan karakter taman tersebut di malam hari,” katanya.

Pembangunan Taman Srigunting, kata dia, lebih merupakan kegiatan awal untuk penataan kawasan Kota Lama karena ke depannya ada dana pengembangan Kota Pusaka dari pemerintah pusat.

Oleh karena itu, ia mengatakan pembangunan Taman Srigunting diharapkan bisa menjadi simpul untuk menghidupkan kawasan Kota Lama dan menjadi titik awal untuk kegiatan pembangunan selanjutnya.

Advertisement

“Dengan menata Kota Lama, diharapkan bisa membuka wajah kota secara menyeluruh sehingga kawasan-kawasan di sekitarnya bisa lebih hidup, baik dari ekonomi, wisata, dan pembangunan,” katanya.

Pada kesempatan berbeda, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi juga mengatakan tengah mengupayakan pengembangan kawasan Kota Lama melalui berbagai kegiatan dan kebijakan yang telah dilaksanakan.

“Berbagai kegiatan dan kebijakan telah dilaksanakan untuk menghidupkan aset bersejarah Kota Semarang itu. Dengan pembangunan Taman Srigunting bisa semakin mempercantik kawasan,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif