Jogja
Sabtu, 1 November 2014 - 02:40 WIB

Produksi Kopi di Kulonprogo Belum Optimal, Ini Penyebabnya

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanaman kopi. (JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia/Rachman)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Produksi kopi di Kabupaten Kulonprogo belum optimal. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo mengklaim hal tersebut disebabkan budidaya kopi menerapkan pertanian organik, sehingga hasil panen per hektare tidak dapat naik signifikan.

Data yang dihimpun dari Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertanhut) Kulonprogo tercatat produksi kopi di Kulonprogo dari tahun ke tahun fluktuatif, bergantung pada luas panen.

Advertisement

Saat ini, setiap hektare lahan kopi baru menghasilkan sekitar 8,5 kuintal padahal potensi panen kopi di Kulonprogo dapat mencapai 14 kuintal per hektare.

Kabid Perkebunan Dispertanhut Kulonprogo Widiastuti membenarkan produksi kopi di Kulonprogo belum optimal karena menggunakan metode budidaya organik yang mengandalkan bahan alami tanpa campuran produk kimia.

“Ini yang menyebabkan kenaikan produksi kopi tidak bisa signifikan,” tegasnya, Kamis (30/10/2014).

Advertisement

Hasil dari metode organik, kata Widiastuti, dapat terlihat dalam kurun waktu lima sampai sepuluh tahun mendatang, sehingga prosesnya tidak instan.

Ditambahkannya, daerah penghasil kopi di Kulonprogo, meliputi Kecamatan Samigaluh, Girimulyo, Pengasih, dan Nanggulan.

Ketua Kelompok Tani Mekar Tani Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh Teguh Kumoro mengatakan pemupukan tanaman kopi di wilayahnya menggunakan pupuk kandang, sesuai dengan anjuran pemerintah yang mengedepankan kopi alami tanpa campuran bahan kimia.

Advertisement

Ia menguraikan, terdapat 25 hektare tanaman kopi di Nglinggo yang mendapat bantuan 25.000 bibit pada 2010.
“Dalam waktu satu tahun atau satu kali panen, biasanya kami menghasilkan lima ton,” sebutnya. Satu kilogram kopi yang sudah ditumbuk, imbuh Teguh, dijual seharga Rp20.000 per kilogram.

Menurut Teguh, menjadi petani kopi dirasa cukup menguntungkan, terlebih, saat ini mereka mengolah kopi swadaya, mengemas, dan menjual kopi bubuk dengan merek sendiri sehingga meningkatkan harga jual.

Dalam kemasan 100 gram, mereka menjual bubuk kopi kemasan seharga Rp15.000. “Kami berharap panen kopi bisa maksimal dan meningkatkan kesejahteraan petani,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif