Jateng
Sabtu, 1 November 2014 - 01:50 WIB

KINERJA DPRD : Fraksi di DPRD Jateng Sepakat Bagi Jabatan Alkap

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (Ist)

ilustrasi

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Delapan fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah akhirnya sepakat berbagi posisi jabatan di alat kelengkapan dewan setelah sebelumnya terjadi konflik di antara mereka.

Advertisement

“Setiap fraksi akan mendapat jabatan secara proporsional di komisi, badan legislasi, badan musyawarah, badan kehormatan, dan badan anggaran,” kata Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi seperti dikutip Antara, Jumat (31/10/2014).

Sebelumnya, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Golkar, dan Fraksi PKS meminta kepada pimpinan dewan agar mengulang rapat paripurna pembentukan alat kelengkapan DPRD Jateng karena penetapan anggota komisi dinilai tidak sah.

Keempat fraksi itu menilai pembentukan alat kelengkapan dewan berupa pembagian anggota komisi A hingga E yang hanya dihadiri oleh Fraksi PDIP, Fraksi PKB, Fraksi Demokrat, dan Fraksi PPP itu melanggar Pasal 62-70 Tata Tertib DPRD Jateng periode 2014-2019.

Advertisement

Rukma menjelaskan bahwa kesepakatan berbagi posisi pada alat kelengkapan dewan itu dicapai setelah pimpinan dewan dan beberapa anggota fraksi dari dua kubu bertemu dan bermusyawarah mencari jalan keluar.

Menurut dia, setelah kesepakatan ini tinggal dilakukan penyusunan ulang anggota komisi di DPRD Jateng tapi sebelumnya Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Golkar, dan Fraksi PKS diharapkan segera menyerahkan usulan nama anggota komisi ke Sekretariat DPRD.

“Mudah-mudahan minggu depan ‘wis rampungan’ (sudah selesai, red) dan disahkan dalam rapat paripurna untuk kemudian dilanjutkan dengan pembahasan APBD serta beberapa raperda yang belum dibahas,” ujarnya.

Advertisement

Wakil Ketua DPRD Jateng dari Fraksi PKS Ahmadi yang dihubungi terpisah juga mengatakan bahwa seluruh fraksi di dewan telah sepakat untuk mengakhiri konflik demi kepentingan bersama.

“Saat ini sedang dibahas lagi penentuan posisi untuk mengakomodir perwakilan dari semua fraksi dan fraksi yang belum setor nama guna penetapan anggota komisi segera mengirimkan sehingga bisa ditentukan posisi-posisinya,” katanya.

Ahmadi menegaskan bahwa delapan fraksi di DPRD Jateng sekarang mempunyai semangat kebersamaan dalam membangun Provinsi Jateng dan mensejahterakan masyarakat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif