Lifestyle
Jumat, 31 Oktober 2014 - 11:00 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Jangan Percaya Mitos Tidur Ini...

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tidur (Istimewa/Thinkstock)

Solopos.com, SOLO – Tidur merupakan salah satu kebutuhan primer bagi setiap manusia. Bicara mengenai tidur banyak berkembang mitos yang dipercaya sebagai sebuah kebenatan oleh banyak orang. Tahukah Anda, beberapa mitos yang berkembang ternyata hanyalah omong kosong yang belum bisa dibuktikan kebenarannya?

Dilansir Boldsky.com, Kamis (30/10/2014), berikut beberapa mitos tentang tidur yang ternyata tidak bisa dibuktikan kebenarannya:

Advertisement

Tidur Selama 6 Jam
Banyak yang meyakini bahwa dalam sehari tubuh memerlukan tidur setidaknya enam jam dalam sehari. Benarkah? Nyatanya, hal ini adalah sebuah mitos belaka. Jumlah tidur yang dibutuhkan oleh seseorang tergantung pada mekanisme tubuh. Tidur selama 4,5 jam dalam sehari sebenarnya tidak akan mengganggu aktivitas kehidupan Anda.

Tidur Siang
Mitos yang berkembang menyebutkan bahwa tidur siang dapat mengakibatkan tubuh terasa lelah. Ini hanyalah sebuah mitos belaka. Faktanya, tidur siang selama 15 menit dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih aktif.

Hutang Tidur
Banyak orang ingin memuaskan tidurnya di akhir pekan lantaran ingin mengganti kekurangan tidur mereka di hari-hari sibuk. Hal itu adalah sebuah hal yang tidak berdasar. Tubuh tidak memiliki mekanisme untuk tidur terlalu lama dalam sehari. Jika dilakukan maka kebiasaan itu hanya akan menganggu kesehatan Anda.

Advertisement

Tidak Mempedulikan Waktu Tidur
Tidak mempedulikan waktu tidur adalah kesalahan terbesar yang banyak dilakukan oleh seseorang. Faktanya, terbiasa tidur terlalu malam memiliki dampak langsung terhadap metabolisme tubuh walapun banyak tidur di pagi hari. Orang yang sering terjaga hingga larut memiliki risiko tiga kali lebih tinggi terkena depresi.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif