Soloraya
Jumat, 31 Oktober 2014 - 16:15 WIB

TEMPAT BERSEJARAH : Ini Dia 6 Lokasi Favorit Bung Karno di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Loji Gandrung Solo (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO – Enam lokasi favorit mantan Presiden Soekarno atau Bung Karno di Solo akan diikutsertakan dalam kontes Soekarno Heritage Awards pada November mendatang.

Kabid Pelestarian Kawasan dan Benda Cagar Budaya (BCB) Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo Mufti Raharjo ketika dijumpai wartawan di Solo, Jumat (31/10/2014), menyebutkan lokasi yang memiliki nilai sejarah tinggi dengan Bung Karno di antaranya kamar Bung Karno di Rumah Dinas Wali Kota  Solo, Loji Gandrung.

Advertisement

Kemudian ada patung Raden Ngabehi Ronggowarsito di depan Museum Radya Pustaka yang diresmikan Soekarno pada 11 November 1953.

“Bung Karno juga sering tinggal di Hotel Dana, di sana terdapat kamar 45 yang khusus digunakan Soekarno dan dijadikan sebagai tempat favoritnya,”  terang dia.

Tak hanya itu, Mufti menuturkan Soekarno pernah menyelenggarakan Pekan Olah Raga Nasional PON pertama di Stadion Sriwedari Solo.

Advertisement

Sementara lokasi lain yang juga erat dengan Bung Karno, yakni Dalem Samanhudi di Laweyan serta Dalem Harjonagaran atau Rumah Go Tik Swan di Keratonan Solo.

Mufti mengatakan, dengan mengikuti ajang bergengsi tersebut bisa menguatkan Solo sebagai Kota Heritage. “Sekarang kita menyusun pemberkasan dan foto enam lokasi untuk dikirim ke pihak panitia,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif