News
Jumat, 31 Oktober 2014 - 13:27 WIB

KMP VS KIH : KIH Bikin Rapat Paripurna DPR Tandingan, Pramono Anung Tak Tampak

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pramono Anung (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Sesuai rencana, rapat paripurna dan pelantikan pimpinan DPR tandingan akan digelar hari ini, Jumat (31/10/2014). Namun hingga saat ini, Ketua Fraksi PDIP, Pramono Anung, tidak tampak hadir dalam sidang tersebut.

Pantauan di Gedung DPR yang ditayangkan TV One, Jumat siang, Pramono Anung tidak ada di antara para politisi anggota Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Padahal Pramono digadang-gadang sebagai Ketua DPR Tandingan bersama-sama dengan Abdul Kadir Karding (PKB), Ida Fauziah, dan Syaifullah Tamliha (PPP).

Advertisement

Meski dicalonkan sebagai Ketua DPR tandingan, politisi senior PDIP ini memang tampak ogah-ogahan. Bukannya mendukung, Pramono Anung merasa terheran-heran dengan penunjukan dirinya sebagai Ketua DPR versi KIH.

“Hanya bisa menggelengkan kepala saja. Apa yang harus ditandingkan. Lebih baik asli daripada tandingan, akal sehat harus tetap dimiliki dalam kondisi tensi tinggi di pertandingan politik#sabar,” katanya dalam akun Twitternya kemarin.

Anggota DPR dari PDIP, Hendrawan Supratikno, mengatakan mereka akan melakukan pelantikan pimpinan DPR tandingan pada Jumat (31/10/2014) besok.

Advertisement

Namun, pelantikan dan pengambilan sumpah pimpinan DPR tandingan itu tidak disumpah dihadapan Ketua MA sebagaimana yang selama ini terjadi.

“Pimpinan DPR RI cuma disumpah di depan anggota, tapi tidak disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung. Belum sampai memanggil ketua MA. Memang ada yang usul untuk memanggil Ketua MA, tapi diputuskan dalam rapat koordinasi Koalisi Indonesia Hebat (KIH) belum sampai memanggil Ketua MA,” kata Hendrawan di Jakarta, Kamis.

Dikatakan oleh Hendrawan, tidak dipanggilnya Ketua MA karena KIH tidak ingin melibatkan lembaga lain dalam masalah DPR. “Kita tidak mau menarik-narik MA dalam ketegangan di Senayan,” ungkap mantan rektor Institut Bisnis Indonesia (IBI) itu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif