Lifestyle
Kamis, 30 Oktober 2014 - 09:31 WIB

TIPS KARIER : Lulus Kuliah Pengin Langsung Kerja?

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA–Lulus kuliah menjadi masa yang ditunggu-ditunggu. Namun, acapkali resah melanda begiu telah menamatkan bangku kuliah. Segera kerja menjadi hal yang yang diidam-idamkan bagi fresh garduate! Setelah menamatkan perkuliahan, Anda pun tentunya merasa semangat karena akan segera terjun ke dunia kerja. Namun ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih pekerjaan.

Berikut ini adalah tips memilih pekerjaan yang tepat bagi sarjana baru atau para fresh graduate sebagaimana dikuti dari Yourcoffeebreak.

Advertisement

1. Tentukan Bidang Diminati

Pertama-tama Anda harus menentukan bidang pekerjaan apa yang Anda minati. Sektor industri apa yang menjadi bayangan Anda menjadi tempat bekerja. Dengan mengidentifikasi jenis pekerjaan dan perusahaan yang Anda inginkan, maka Anda akan lebih fokus untuk menemukan pekerjaan yang memang sesuai dengan Anda.

2. Menjalin Hubungan

Advertisement

Sangat penting untuk menjalin hubungan dengan orang-orang yang berada di bidang pekerjaan yang Anda inginkan. Cara termudah adalah menjalin hubungan dengan senior atau alumni kampus yang sudah terjun ke dunia kerja. Anda bisa bertanya seputar lowongan dan keahlian apa saja yang Anda perlukan untuk bisa masuk ke bidang tersebut.

3. Pegang Teguh Nilai

Jangan sampai Anda masuk ke dalam perusahaan yang nilai-nilainya tidak sesuai dengan prinsip Anda. Misalnya, Anda menginginkan pekerjaan yang mengedepankan kesetaraan gender, maka tentunya perusahaan yang atasannya didominasi oleh pria kemungkinan tidak akan sesuai untuk Anda.

Advertisement

4. Kenali Kemampuan

Terakhir, Anda harus tahu kemampuan dan gaya kerja Anda sendiri. Apakah Anda lebih mudah bekerja sama dalam tim atau tidak? Apakah Anda suka tantangan dan bekerja di bawah tekanan? Apabila memungkinkan, cobalah cari informasi mengenai gaya kerja dari perusahaan yang Anda lamar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif