Soloraya
Kamis, 30 Oktober 2014 - 04:30 WIB

PERUMAHAN SOLO : Dipuji Gubernur, Rumah Renteng Mangkunegaran akan Jadi Percontohan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO – Proyek pembangunan rumah renteng di utara Pura Mangkunegaran Solo dinilai layak dijadikan percontohan bagi wilayah lain di Jawa Tengah (Jateng).

Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sesudah meninjau pembangunan rumah renteng yang dipelopori Pemkot Solo itu, Rabu (29/10/2014). Menurut dia, rumah renteng merupakan solusi apik dalam menata warga bantaran.

Advertisement

Menurut dia, ada paradigma berpikir baru dalam penataan warga bantaran tersebut yakni menganggap sungai sebagai halaman depan. Oleh karena itu, lanjut Ganjar, paradigma tersebut akan membuat masyarakat sadar akan kebersihan.

“Dengan menganggap sungai tidak lagi menjadi halaman belakang maka masyarakat tidak akan menganggap sungai sebagai tempat pembuangan sampah, paradigma dan perilaku tersebut yang patut diterapkan,” ujar dia.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, yang mendampingi Gubernur menuturkan peninjauan tersebut sebagai pengenalan kepada Gubernur bahwa Solo memilik proyek rumah renteng.

Advertisement

Rudy menuturkan rumah renteng tidak hanya memberikan papan melainkan juga memberikan tempat usaha. Rudy mengatakan lantai bawah rumah renteng akan digunakan tempat berjualan sementara lantai atas akan digunakan sebagai permukiman.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif