News
Kamis, 30 Oktober 2014 - 12:45 WIB

PENIPUAN LINTAS NEGARA : Penipu Bermodus Skema Cepat Kaya YSLM Ditangkap di Thailand

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Antara)

Solopos.com, KUALA LUMPUR – Seorang lelaki warga Tiongkok yang diburu pihak berwajib di Malaysia, Tiongkok, dan Thailand karena menjadi dalang penipuan skema cepat kaya bernilai 1 miliar ringgit (Rp3,7 triliun) ditangkap di Thailand.

Song Miqui, 37, yang di Malaysia juga dikenal dengan nama Zhang Jian ditahan bersama rekannya Wang Wenfang, 29, di sebuah kondominimum di daerah Pathumwan, Bangkok, sementara seorang tersangka lain Geng Lianbao, 29, ditahan di kediamannya di daerah Muang dekat Phuket.

Advertisement

Media-media lokal di Kuala Lumpur, Kamis (30/10/2014), melaporkan polisi Thailand juga menyita mata uang berbagai negara.

“Polisi juga menyita uang tunai 5 juta baht dalam berbagai mata uang, sembilan surat hak milik tanah bernilai 200 juta baht, perhiasan emas bernilai 2,2 juta baht, tiga unit mobil dan kartu pengenal Thailand milik Lianbao,” demikian media lokal mengutip portal berita Thailand The Nation.

Kementerian Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi, dan Kepenggunaan Malaysia melarang skema cepat kaya YSLM yang dibentuk oleh Zhang Jian setelah ia didapati beroperasi secara ilegal sejak Maret lalu di negara tersebut.

Advertisement

Hampir 80.000 warga Malaysia menderita kerugian 302 juta ringgit (Rp1,1 miliar) akibat penipuan Zhang Jian melalui skema cepat kaya YSLM.

YSLM adalah bisnis cari-cari anggota mirip MLM. Hanya saja tidak punya produk, jadi murni Ponzi alias skema piramida.

Tersangka memengaruhi korbannya dengan mengaku sebagai calon orang terkaya dunia. Ia juga diburu polisi Tiongkok karena menipu lebih dari 100.000 orang dengan kerugian 604 juta ringgit (Rp2,2 miliar).

Advertisement

Tersangka diduga melarikan diri ke Thailand sekitar Juli lalu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif