Lifestyle
Kamis, 30 Oktober 2014 - 10:31 WIB

Masih Muda Sudah Ubanan, Ini Cara Mengatasinya

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rambut sehat (Desktopzilla)

Solopos.com, JAKARTA—Masih muda rambut sudah ubanan. Kondisi ini sering membuat Anda tak percaya diri (pede). Rambut memutih atau yang biasa disebut uban biasanya akan dialami orang yang sudah menginjak usia tua. Namun, banyak juga meskipun usianya masih muda, sudah mulai muncul uban di rambutnya.

Munculnya uban di usia muda, banyak membuat orang menjadi tidak percaya diri karena terlihat lebih tua dari usianya yang sebenarnya.
Padahal, sebenarnya uban bukan hanya bisa muncul karena faktor usia. Ada banyak faktor yang membuat keluhan tersebut terjadi. Di antaranya genetik, polusi, rokok dan stres. Melanin, pigmen yang memberikan warna natural pada rambut juga ikut mempengaruhi.

Advertisement

Lantas, bagaimana cara untuk menghambat pertumbuhan uban?  Berikut tips menghambat pertumbuhan uban seperti dilansir zeenewsindia.com:

1. Daun Kari dan Minyak Kelapa
Ini merupakan cara alami yang sempurna untuk menghambat rambut beruban. Daun kari akan mengembalikan pigmen pada rambut Anda. Caranya, rebus segenggam daun kari segar dalam minyak kelapa selama sekitar 5-7 menit. Saring minyak dan biarkan hingga dingin. Pijat kulit kepala Anda menggunakan minyak ini dan biarkan selama setengah jam atau bahkan semalam.

2. Jus Lemon dan Minyak Almond
Campur minyak almond dengan jus lemon dan menerapkannya pada rambut dengan menggunakan ujung jari Anda. Hal ini akan menghambat proses rambut beruban.

3. Henna
Henna merupakan pewarna rambut alami. Buatlah pasta dari bubuk henna dengan menambahkan beberapa bubuk kopi dalam mangkuk. Anda dapat menambahkan satu sendok makan setiap dadih dan jus lemon untuk hasil yang lebih baik. Biarkan campuran tersebut selama 2-3 jam. Oleskan pasta pada kulit kepala Anda dan biarkan selama 2-3 jam. Bilas dengan air biasa dan kemudian keramas rambut Anda.

Advertisement

4. Teh Hitam
Teh hitam sangat efektif untuk mengobati rambut beruban. Cukup merebus daun teh dan mendinginkannya. Saring air teh dan menerapkannya pada kulit kepala dan biarkan selama satu jam. Setelah itu bilas dengan air tanpa menggunakan sampo.

Tips lain yang juga bisa Anda lakukan adalah menggunakan mustard hangat atau minyak kelapa. Caranya, pijat kulit kepala Anda secara teratur untuk mencegah beruban prematur.

Selain makan makanan yang sehat, minum banyak air juga dapat menghilangkan racun dari tubuh. Racun dalam tubuh dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan termasuk uban rambut prematur.

Advertisement

Selain itu, hindari pula junk food. Makan makanan cepat saji secara berlebihan dapat berkontribusi untuk rambut rontok dan beruban.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif