News
Kamis, 30 Oktober 2014 - 15:15 WIB

KMP VS KIH : Soal DPR Tandingan, JK Minta Anggota Dewan Bermusyawarah

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jusuf Kalla (JIBI/Solopos/Istimewa/Dok)

Solopos.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengharapkan masalah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tandingan bisa diselesaikan dengan cara musyawarah sehingga tidak mengganggu kinerja parlemen.

“Memang DPR tandingan menjadi masalah tapi tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan cara musyawarah,” kata Jusuf Kalla kepada pers di Kantor Wapres Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Advertisement

JK menyarankan masalah DPR dan DPR tandingan diselesaikan dengan cara musyawarah sehingga tidak akan mengganggu keberadaan alat kelengkapan DPR.

“Munculnya DPR tandingan karena situasional tapi saya yakin akan bisa diselesaikan dengan baik. Makanya diselesaikan dengan cara musyawarah saja,” kata Wapres.

JK mengatakan itu menanggapi lima fraksi di DPR yang merupakan anggota Koalisi Indonesia Hebat (KIH) membentuk pimpinan DPR tandingan di Ruang KK-V Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Advertisement

Kelima fraksi tersebut adalah Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP), Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Fraksi Partai Nasional Demokrat (FNasDem), Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (FHanura), dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP).

Hasil rapat yang dihadiri anggota dari kelima fraksi tersebut memutuskan dan menetapkan politisi senior PDI Perjuangan, Pramono Anung sebagai ketua DPR. Sedangkan, empat wakil ketua DPR hasil rapat tersebut adalah Abdul Kadir Karding (FPKB), Syaifullah Tamliha (FPPP), Patrice Rio Capella (FNasDem), dan Dossy Iskandar (FHanura).

Politikus PDI Perjuangan Arif Wibowo mengatakan keputusan membentuk DPR RI tandingan merupakan mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan DPR saat ini yang dikuasai para politikus anggota Koalisi Merah Putih (KMP).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif