Sport
Rabu, 29 Oktober 2014 - 05:10 WIB

PRESTASI PEMAIN : CR7 Difavoritkan Raih Ballon d’Or Ketiga, Bersaing Lagi dengan Messi

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penghargaan pemain sepak bola terbaik Ballon d'Or untuk Ronaldo tahun lalu. Ist/Dok

Solopos.com, ZURICH— Bintang Real Madrid asal Portugal, Cristiano Ronaldo, difavoritkan memenangi gelar FIFA Ballon d’Or tahun ini menyusul penampilan gemilangnya sepanjang musim lalu.

Ronaldo bakal bersaing dengan bintang Barcelona, Lionel Messi, di mana keduanya telah mendominasi perebutan gelar bergengsi individual itu dalam tujuh tahun terakhir beruntun. Ronaldo sendiri sudah memenanginya sebanyak dua kali, termasuk yang terbaru pada Januari lalu, namun masih kalah dari Messi yang telah memenanginya empat kali berturut-turut.

Advertisement

Seperti terungkap dalam daftar yang dirilis laman asosiasi sepak bola dunia (FIFA), Selasa (28/10/2014), Madrid dan Barcelona menjadi dua klub yang paling dominan menempatkan pemainnya dalam daftar 23 nama yang dinominasikan. Madrid mengirimkan enam wakilnya, tidak termasuk Angel Di Maria yang telah berstatus pemain Manchester United (MU) pada bursa transfer musim panas lalu.

Sementara itu dari kubu Barcelona, selain Messi, nama-nama seperti Neymar, Andres Iniesta, dan Javier Mascherano turut meramaikan persaingan.

Di luar dominasi dua klub Liga Primera Spanyol itu, tim Jerman, Bayern Munich, tidak mau kalah bersaing. Die Roten, julukan Bayern, total menempatkan lima wakilnya yang juga menjadi bagian skuat Jerman ketika memenangi gelar Piala Dunia 2014, Juni-Juli lalu.

Advertisement

Dari Inggris, Chelsea turut mengirimkan tiga pemainnya dalam daftar yang sama, sedangkan Manchester United dan Manchester City masing-masing hanya diwakili Angel Di Maria dan Yaya Toure. Dari Seri-A Italia, gelandang Juventus, Paul Pogba, adalah satu-satunya yang tercantum dalam daftar kandidat pemenang FIFA Ballon d’Or 2014.

Status Ronaldo sebagai favorit peraih FIFA Ballon d’Or 2014 memang bukan hal yang mengejutkan. Selain membawa Madrid merengkuh gelar Liga Champions 2013/2014, Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Primera dengan total 31 gol, unggul atas Lionel Messi dan eks bomber Atletico Madrid, Diego Costa, yang masing-masing mengukir 28 dan 27 gol.

Torehan itu pula yang mengantar Ronaldo memenangi tiga kategori penghargaan sekaligus di ajang LFP (Liga Primera) Awards 2014 yang digelar di Spanyol. Ya, Ronaldo dinobatkan sebagai pemain terbaik, penyerang terbaik, dan pencetak gol terbaik Liga Primera Spanyol musim 2013/2014.

Advertisement

Namun, Ronaldo tak ingin jemawa. Ia mengungkapkan apa yang didapatkannya adalah buah kerja keras dan bantuan rekan satu timnya. “Saya berterima kasih kepada teman-teman satu tim, Real Madrid, keluargaku. Ini momen yang sangat indah dalam karierku,” ujar CR7 seusai penganugerahan gelar pemain terbaik Liga Primera Spanyol, dilansir sportskeeda.com, Selasa (28/10).

Sesuai jadwal, penganugerahan gelar FIFA Ballon d’Or bakal dilakukan, Januari 2015, bersamaan diumumkannya penghargaan untuk pelatih terbaik . Namun sebelumnya, dari 23 nama pemain yang dinominasikan, mereka bakal disaring menjadi hanya tiga nama, 1 Desember 2014. (Triyono/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif