Teknologi
Selasa, 28 Oktober 2014 - 13:10 WIB

MEDIA SOSIAL : Inilah Dampak Buruk Terlalu Sering Menggunakan Media Sosial

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan media jejaring sosial melalui gadget (JIBI/Solopos/Dok.)

 
Harianjogja.com, JAKARTA — Media sosial saat ini memberikan banyak manfaat bagi seseorang. Mulai dari lebih mudah dan cepat mendapatkan informasi, hingga kembali dapat bersilaturahmi dengan kawan lama yang sudah putus komunikasi.

Namun, dibalik itu ada juga hal buruk yang ditimbulkan dari efek media sosial tersebut. Salah satunya adalah kasus perselingkuhan makin marak dengan adanya media sosial. Tidak sedikit kasus perselingkuhan dimulai karena mantan pacar yang kembali bertemu di dunia maya tersebut.

Advertisement

Selain efek buruk tersebut, ada dampak negatif lainnya dari bermedia sosial bagi Anda. Karena itu, ada baiknya Anda membatasi waktu Anda menggunakan media sosial agar tidak memberikan dampak buruk yang cukup besar dalam hidup Anda.

Berikut 7 alasan kenapa Anda harus membatasi aktivitas di media sosial seperti dilansir allwomenstalk.com:

Advertisement

Berikut 7 alasan kenapa Anda harus membatasi aktivitas di media sosial seperti dilansir allwomenstalk.com:

1. Sulit bersosialisasi

Salah satu alasan Anda harus mengurangi aktivitas di media sosial adalah karena membuat Anda menjadi individu yang kurang sosialisasi secara fisik. Semakin sering Anda menggunakan media sosial, maka akan semakin berkurang juga waktu Anda berkumpul dengan teman-teman Anda. Bahkan ketika berkumpul banyak orang yang justru sibuk dengan gadgetnya masing-masing hanya untuk mengecek isi media sosialnya.

Advertisement

Media sosial bisa membuat orang kecanduan, karena terus menerus melihat aktivitas di media sosial karena tidak ingin dianggap ketinggalan.

3. Tidak penting

Banyak hal yang saat ini diposting di media sosial adalah hal yang tidak penting sama sekali. Misalnya saja hanya makanan yang diunggah, atau dimana lokasi seseorang berada.

Advertisement

4. Buang-buang waktu

Media sosial amat sangat membuang waktu. Misalnya saja Anda bisa seharian memantau isi timeline dan hanya melihat video lucu yang diunggah teman Anda. Tanpa sadar, Anda mengabaikan waktu penting yang bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih berguna buat hidup Anda.

5. Beresiko

Advertisement

Di media sosial, orang mudah berkonflik dengan teman, hanya karena beda pandangan hingga membuat argumen yang panjang satu sama lain. Banyak dari sahabat yang akhirnya hubungannya renggang hanya karena berkonflik melalui media sosial.

6. Berinteraksi dengan orang asing

Jika Anda punya ratusan daftar teman di facebook atau media sosial lainnya Anda harus hati-hati tidak semuanya adalah teman Anda. Jadi kenapa Anda membiarkan mereka melihat aktivitas di media sosial Anda. Seharusnya isi media sosial adalah mereka yang benar-benar teman Anda, dan atau membuat teman baru yang akan bersosialisasi dengan lebih intens.

7. Hidup di dunia tidak nyata

Memandang komputer atau smartphone seharian bukanlah sebuah kehidupan. Namun banyak orang yang saat ini justru melakukannya hampir setiap hari. Kehidupan nyata jauh lebih menyenangkan dan hidup bagi Anda, jadi lebih baik gunakan kehidupan nyata daripada berlama-lama memakai media sosial Anda.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif