News
Selasa, 28 Oktober 2014 - 07:30 WIB

KABINET JOKOWI-JK : Inilah Tato Burung Phoenix di Kaki Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Solopos.com, SOLO – Di antara 34 menteri yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (27/10/2014), nama Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mungkin salah satu yang paling disorot. Bukan hanya karena prestasinya yang menarik untuk diketahui, kepribadiannya yang nyentik menjadi perbincangan hangat masyarakat.

Dikenal sebagai pribadi yang cuek, Susi ternyata seorang perokok yang aktif. Bukan hanya itu, ia juga memiliki tato di tubuhnya. Tato bergambar burung phonix melekat di pergelangan kaki Presiden Direktur PT. ASI Pudjiastuti Aviation, pengelola maskapai penerbangan Susi Air itu.

Advertisement

Walaupun hanya lulusan sekolah menengah pertama (SMP), Susi tercatat memiliki prestasi segudang, di antaranya adalah Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat dan Young Entrepreneur of the Year dan Ernst and Young Indonesia pada tahun 2005.

Susi Pudjiastuti mengawali kariernya sebagai pengepul ikan, mulai tahun 1983. Dengan modal seadanya dan hasil penjualan perhiasan pribadi, perlahan tetapi pasti, dia berhasil mendirikan pabrik pengolahan ikan tanpa bahan kimia yang produk-produknya diekspor ke sejumlah negara Asia dan Amerika.

Pada tahun 2004, Susi bersama suaminya yang berprofesi pilot dan mekanik pesawat, mendirikan PT. ASI Pudjiastuti Aviation yang menggunakan merek Susi Air. Dalam operasinya, maskapai penerbangan itu menggunakan pesawat jenis Cessna.

Advertisement

Usaha penerbangan yang pada mulanya didirikan untuk mengangkut ikan, lobster, udang, dan hasil laut lain itu kemudian berubah menjadi penerbangan perintis untuk kepentingan kemanusiaan setelah Susi Air menjadi pesawat pertama yang mencapai lokasi bencana tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam. Susi Air kemudian berkembang dan saat ini dikenal sebagai maskapai penerbangan yang melayani penerbangan menuju daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Tato di kaki Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (Twitter)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif