News
Selasa, 28 Oktober 2014 - 16:30 WIB

ERUPSI KILAUEA : Mirip Lumpur Lapindo, Lava Gunung Kilauea Meleleh di Jalan Raya Hawaii

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aliran lava dari Gunung Kilauea melintasi jalan raya di dekat Desa Pahoa, Big Island, Hawaii, Sabtu (25/10/2014). (JIBI/Reuters/U.S. Geological Survey/Handout)

Solopos.com, HONOLULU — Lelehan lava pijar Gunung Kilauea di Hawaii selama ini menjadi hal biasa, bahkan jadi tontonan wisatawan. Namun kali ini lava sudah membahayakan karena mendekati permukiman penduduk dan hanya berjarak 100 meter dari sebuah perumahan.

Dilaporkan Reuters dari Honolulu, para penduduk yang tinggal di jalur lava telah diperingatkan untuk segera mengungsi. Pemerintah Hawaii mengatakan penduduk juga diminta waspada dengan asap yang bergerak mengikuti arah angin.

Advertisement

Aliran lava terus keluar dari letusan gunung berapi tersebut sejak 27 Juni. Letusan Gunung Kilauea sempat berhenti pada akhir September, namun kembali aktif sejak beberapa pekan lalu. Daerah aliran lava telah bergerak sejak 275 meter sejak Minggu (26/10/2014) pagi.

Ujung aliran lava tersebut memiliki ukuran 110 meter dan menyebar. Lava kini mengancam Desa Pahoa, sebuah tempat bersejarah bekas perkebunan gula yang kini dihuni oleh 800 orang.

Badan pertahanan setempat menyebarkan pesan yang berisi lava bergerak dengan kecepatan 10-15 meter per jam. Para petugas kini memantau perkembangannya setiap jam dan menutup dua jalan raya. Mereka bertarung dengan waktu untuk membangun jalur darurat dan melindungi Jalan 130, sebuah jalur utama yang dilintasi 10.000 mobil per hari.

Advertisement

Tanpa akses darurat tersebut, sebanyak 8.000 orang di Distrik Puna akan terjebak dalam kepungan lava jika Jalan 130 tak bisa dilalui. Gunung Kilauea telah meletus sejak 1983. Rumah terakhir yang hancur oleh lava di Big Island terletak di subdistrik Royal Gardens pada 2012.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif