News
Senin, 27 Oktober 2014 - 16:20 WIB

UNY - Yamaguchi University Kolaborasi Bantu Kemenristek

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). (Ist)

Harianjogja.com, JOGJA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bersama Yamaguchi University Jepang memantapkan kolaborasi untuk mendukung konsep Kemeterian Riset dan Tegnologi dalam mengembangkan program academic business government (ABG). Program ini merupakan percepatan aplikasi riset akademisi di Indonesia dalam dunia bisnis oleh industri dengan bantuan pemerintah sebagai pemegang peraturannya.

Kemenristek menganggap konsep ABG ini  sangat penting  sehingga dibentuklah business innovation center (BIC)  untuk meralisasikan konsep ABG yang lebih bersinergi. Mengacu ke program Kemenristek tersebut UNY sebagai bagian komponen akademik di Indonesia telah melakukan terobosan berbagai riset aplikasi yang memberikan solusi dalam permasalahan nasional. Salah satu riset yang dikembangkan adalah penggunaan bahan bakar gas (BBG) sebagai sumber energi, untuk sepeda motor.

Advertisement

Realisasi konsep ABG tersebut, dilaksanakan pada 30 September lalu, ditandai dengan penandatangan non-disclosure agreement (NDA) oleh perguruan tinggi dan perusahaan.

Dua perguruan tinggi yang terlibat adalah UNY, diwakili oleh  Mujiono dan  Yamaguchi University, Jepang diwakili oleh Shigeyuki Haruyama.Sedangkan perusahaan yang terlibat ada tiga yaitu PMT Corporation Japan PT Bumi Kaya Steel Industries dan PT Bumi Nagao Indonesia.

Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY Wagiran menyampaikan, kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu penelitian bagi dosen maupun mahasiswa.

Advertisement

“Kolaborasi ini mencakup dua pihak yakni kampus dengan pihak industri dan kedua pihak tersebut sangatlah penting untuk memastikan kualitas peneitian yang dihasilakan. Kerja sama dengan Yamaguchi Jepang sudah berjalan cukup lama, sebagai contoh, tahun lalu mahasiswa kami (Pendidikan Teknik Mesin UNY) telah berkolaborasi untuk menciptakan beberapa rancangan mesin produksi untuk masyarakat Jogja,” lanjutnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif