Jogja
Senin, 27 Oktober 2014 - 23:20 WIB

Sungai di Jogja Dipantau CCTV

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sungai Code (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Jogja akan memasang “closed circuit television” (CCTV) di sejumlah sungai untuk membantu pemantauan kondisi sungai, terutama saat musim hujan.

“Kami sudah mengecek kondisi pompa, peralatan pendukung keselamatan lainnya, serta akan berkoordinasi dengan Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah untuk mengecek kondisi lampu sorot sungai yang berada di tiap jembatan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja Agus Winarto, Minggu (26/10/2014).

Advertisement

Selain kesiapan peralatan, Agus mengatakan, BPBD Kota Jogja juga terus melakukan pelatihan kesiapsiagaan petugas dan komunitas penanggulangan bencana yang ada di masyarakat.

“Dalam waktu dekat, kami bersama komunitas akan menentukan titik pantau, khususnya kondisi sungai sekaligus untuk mengecek dan mendata lokasi rawan di sepanjang sungai saat musim hujan,” katanya.

Agus menilai, pelibatan komunitas tersebut sangat penting dalam proses mitigasi bencana karena masyarakat di wilayah adalah pihak yang paling mengerti kondisi wilayahnya.

Advertisement

“Empat sungai yang melintas di wilayah Kota Jogja yaitu Code, Gajah Wong, Winongo dan Manunggal tetap menjadi fokus kami saat musim hujan,” katanya.

Sementara itu, Wakilwali Kota Jogja Imam Priyono mengatakan akan menginstruksikan camat dan lurah yang memiliki wilayah sungai untuk menggencarkan kegiatan kerja bakti membersihkan sungai.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim hujan di wilayah Kota Jogja akan terjadi pada akhir Oktober.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif