Sport
Senin, 27 Oktober 2014 - 06:45 WIB

JELANG GP-F1 AMERIKA 2014 : Maldonado Optimistis Kejar Poin di Austin

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembalap tim Lotus, Pastor Maldonado, optimistis akan meraih poin di GP AS. Ist/lotuscars.com

Solopos.com, AUSTIN — Meski terpuruk dalam 16 sesi balapan Formula One (F1), pembalap Lotus Pastor Maldonado tetap optimistis mampu mencuri poin dalam Grand Prix (GP) Amerika Serikat di Austin, Texas, Minggu (2/11/2014) mendatang.

Pembalap asal Venezuela itu belum mampu mencuri satu poin pun sepanjang mengarungi kompetisi musim ini. Namun, Maldonado mengklaim timnya tengah serius menyiapkan strategi untuk membantunya mengamankan poin di tiga laga terakhir nanti.

Advertisement

“19 balapan terlihat telah lenyap. Meski tidak memiliki performa musim yang Anda inginkan, masih ada banyak peluang musim ini. Meski musim ini berlalu dengan sangat cepat, kompetisi masih terlihat seperti Albert Park [Australia] bertahun-tahun lalu!” kata dia, seperti dilansir crash.net, Minggu (26/10).

Rekan satu tim Maldonado di Lotus, Romain Grosjean, bernasib sedikit lebih baik karena telah berhasil mengumpulkan delapan poin musim ini. Grosjean masih berpeluang mengejar poin tambahan di Austin nanti.

Sementara itu, Maldonado masih kesulitan menjinakkan mobil Lotus E22 yang ditungganginya untuk bersaing dengan para rival musim ini. Dengan perbaikan mobil yang terlambat dilakukan, pembalap yang terbenam di peringkat ke-19 itu masih berharap dapat memperbaiki posisinya. Kendati demikian, dia menyadari kondisi mobilnya kemungkinan baru bisa membaik musim depan.

Advertisement

“Kami masih memiliki tiga sesi balapan tersisa di musim 2014, jadi itu yang menjadi prioritas kami. Tapi, bukan rahasia bahwa kami serius menyiapkan balapan 2015 yang menjadi musim kedua saya bersama Lotus. Kami harus bekerja sama dengan baik di sisa laga 2014,” ucap Maldonado.

“Akan ada banyak perubahan di mobil saya dan tim sangat positif pada potensi kerangka mobil musim depan,” imbuh dia.

Menurut Maldonado, timnya bakal lebih banyak diuntungkan dengan kondisi lintasan Circuit of the Americas, Austin. Meski masih harus bersaing ketat dengan para pembalap tim lain, dia yakin Lotus bisa meraih hasil terbaik dalam balapan pekan depan.

Advertisement

“Austin adalah lintasan yang bagus. Layout sirkuit itu sangat menantang dan bagus untuk balapan, jadi ini adalah even yang menyenangkan. Kami tahu kami akan mendapatkan dukungan besar dari para fans jadi kami harus berjuang untuk meraih hasil terbaik,” kata dia.

Sementara itu, tim Caterham dan Marussia dipastikan absen dalam GP Amerika Serikat, akhir pekan depan. Kedua tim itu sama-sama mengalami nasib buruk sepanjang musim ini. Caterham terkendala masalah administrasi, sedangkan Marussia masih disulitkan persoalan finansial serta menantikan pulihnya pembalap mereka, Jules Bianchi, dari cedera serius saat bertarung di GP Jepang, tiga pekan lalu.

Para staf Caterham telah diperintahkan untuk tidak bekerja hingga tercapai kesepakatan soal penjualan tim yang bermarkas di Leafield itu. Alhasil, Caterham dilarang tampil dalam dua sesi balapan mendatang selama masih mencari pemilik anyar.

“Tidak ada satu pun dari dua tim itu [Marussia dan Caterham] yang akan pergi ke Amerika. Kami punya aturan yang menegaskan jika kami kehilangan tiga tim, maka tim lain bisa menurunkan tiga mobil,” ujar Direktur Olahraga Komersial Supremo, Bernie Ecclestone, seperti dilansir Sky Sports.  (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif