Teknologi
Senin, 27 Oktober 2014 - 15:50 WIB

FACEBOOK : Gara-gara Komentar di Facebook, Menkeu Estonia Mundur

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

 

Harianjogja.com, TALLIN — Menteri Keuangan Estonia Juergen Ligi mengumumkan pengunduran dirinya pada Minggu, setelah membuat kehebohan melalui komentarnya di situs jejaring sosial Facebook yang dinilai menghina menteri pendidikan.

Advertisement

Ligi yang berasal dari Partai Reformasi menyebut Menteri Pendidikan Jevgeni Ossinovski dari Partai Sosial Demokrat sebagai “seorang anak imigran partai merah muda”, pada akun Facebooknya, Kamis lalu.

Ossinovski, 28, adalah satu-satunya anggota kabinet negara tersebut yang berasal dari etnis Rusia.

Ligi, 55, menyiarkan komentar tersebut setelah sebuah debat “panas” dengan Ossinovski di televisi yang membicarakan mengenai anggaran.

Advertisement

Dalam debat tersebut, Ligi menyalahkan 50 tahun kekuasaan Soviet atas Estonia, yang dinilai menjadi penyebab keterpurukan ekonomi negara tersebut saat ini.

Ligi kemudian meminta maaf atas komentar pedasnya di Facebook yang memicu banyak kritik dan menimbulkan ketegangan pada koalisi.

Dalam konferensi pers, Ligi mengatakan dirinya telah ditekan untuk mundur dari jabatan Menteri Keuangan. “Karena Estonia lebih penting bagi saya daripada jabatan Menteri,” ujar Ligi, Minggu (26/10/2014) waktu setempat.

Advertisement

Perdana Menteri Estonia Taavi Roivas menerima pengunduran diri tersebut dan memuji kontribusi Ligi semasa menjabat sebagai menteri keuangan, terutama saat krisis ekonomi.

Ligi adalah menteri Estonia pertama yang mengundurkan diri karena komentar yang dibuat pada media sosial.

Namun, komentar yang menghebohkan itu bukanlah hal yang baru bagi veteran politisi ini. Pada waktu lalu ia telah membuat beberapa pernyataan kontroversial terkait politisi perempuan yang disiarkan langsung pada televisi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif