Soloraya
Senin, 27 Oktober 2014 - 20:07 WIB

ANGIN KENCANG SUKOHARJO : Pohon Bertumbangan, Aksi Heroik Agung Hentikan KA Prameks

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga Gatak, Mayang, Sukoharjo menebangi pohon-pohon yang menghalangi rel KA di kawasan tersebut, Senin (27/10/2014) sore. (Aries Susanto/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO–Hujan deras disertai angin kencang melanda Sukoharjo sore tadi. Bencana angin puting beliung menumbangkan belasan pohon besar di wilayah Kecamatan Gatak, Sukoharjo, Senin (27/10/2014) sore.

Bahkan, di pertigaan tugu Desa Mayang, pohon yang tumbang sempat melintang di rel kereta api hingga mengakibatkan KA berhenti mendadak sekitar setengah jam.

Advertisement

Penjaga palang KA Desa Mayang, Gatak, Agung Widianto mengisahkan, kejadian pohon tumbang melintang tepat di rel KA terjadi sekitar pukul 14.45 WIB.

Di saat yang bersamaan, KA Prambanan Ekpress (Prameks) dari arah Solo meluncur ke Jogja dengan kecepatan sekitar 60 KM/ jam.

Melihat tanda bahaya tersebut, Agung langsung melompat ke tengah rel dan berlari ke arah utara sambil mengibarkan-kibarkan bendera warna merah sebagai tanda berhenti darurat.

Advertisement

“Saat itu, hujan disertai angin yang kencang. Saya mencoba menghentikan kereta agar tak menabrak pohon yang melintang rel,” katanya saat ditemui Solopos.com di pos jaganya seusai kejadian, Senin (27/10).

Dari kejauhan, sambung Agung, KA Prameks mulai terlihat mengerem perlahan. Hingga mendekati palang dan pohon randu yang melintang tersebut, KA akhirnya berhenti dengan selamat.

“Pohonnya seukuran tubuh orang dewasa. Kalau ketabrak kereta, bagian body kereta dipastikan ringsek dan masinisnya kena hantaman,” ujarnya.

Advertisement

Kejadian KA Prameks yang berhenti mendadak itu spontan membuat pengendara jalan di sekitarnya berhenti. Bahkan, antrean kemacetan mengular lantaran evakuasi pohon randu memakan waktu hampir 30 menit. “Warga dan kru kereta bersama-sama menebang pohon agar bisa disingkirkan,” tambahnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif