Sport
Minggu, 26 Oktober 2014 - 00:45 WIB

MOTOGP MALAYSIA 2014 : Marquez Torehkan Rekor Tercepat di Sepang

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SEPANG — Jagoan Honda, Marc Marquez, merebut pole position ke-13 musim ini sekaligus menorehkan rekor kecepatan anyar dalam kualifikasi MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Sabtu (25/10/2014).

Juara dunia MotoGP terbaru itu mencatatkan waktu satu menit lebih 58,791 detik untuk meraih starting grid terbaik di balapan, Minggu (26/10). Marquez unggul  0,182 detik dari rekan satu timnya, Dani Pedrosa, yang mengekor di posisi kedua.

Advertisement

Dengan hasil di kualifikasi kali ini, Marquez berhasil memecahkan rekor Mick Doohan dan Casey Stoner yang masing-masing meraih 12 kali pole position dalam satu musim, pada 1997 dan 2011. Ini sekaligus menjadi pole ke-50 pembalap Spanyol itu sepanjang menapaki karier MotoGP.

“Saya sangat senang bisa meraih pole position karena suhu udara di lintasan sangat tinggi dan sulit meraih lap yang bagus,” kata Marquez, seperti dilansir crash.net, Sabtu.

Advertisement

“Saya sangat senang bisa meraih pole position karena suhu udara di lintasan sangat tinggi dan sulit meraih lap yang bagus,” kata Marquez, seperti dilansir crash.net, Sabtu.

Pada Sabtu pagi, suhu udara di Sepang mencapai 35 derajat celcius, sedangkan panas lintasan mencapai 50 derajat celcius. Kondisi itu sempat membuat sejumlah pembalap mengalami kecelakaan saat menjalani latihan bebas ketiga.

Pembalap berjuluk The Baby Alien itu juga tak terhindar dari kecelakaan, tapi untungnya dia mampu menaklukan lintasan panas itu dalam kualifikasi.

Advertisement

Dengan dua pembalap Honda berada di urutan terdepan, Marquez yakin mampu meraih podium utama di Sepang. “Dani [Pedrosa] sangat cepat di sini, kami telah melihatnya musim lalu. Tahun ini, saya merasa lebih nyaman dibandingkan musim lalu dan kami akan mencoba memenangi balapan ini. Jika kondisinya lebih baik, kami dapat bertarung untuk meraih kemenangan,” kata dia.

“Saya sangat senang bisa memecahkan rekor. Mungkin pole position adalah sesuatu yang sangat penting.  Pole position memang tidak memberi anda poin, tapi hasil itu bisa membuat Anda sebagai pembalap tercepat dalam satu lap,” sambung Marquez.

Sementara itu, nasib kurang mujur menimpa pembalap Yamaha, Valentino Rossi, di kualifikasi. Pembalap berjuluk The Doctor itu harus puas menduduki baris kedua di balapan kali ini karena hanya menempati urutan keenam di babak kualifikasi. Dia mencatatkan waktu dua menit lebih 00.740 detik dan terpaut 0,949 detik dari Marquez.

Advertisement

“Ini adalah akhir pekan yang sulit bagi saya karena kami harus berjuang keras untuk menemukan pengaturan terbaik untuk motor saya. Kami telah bekerja keras tapi sayangnya belum bisa mengatasi persoalan itu,” ujar Rossi.

“Saya tidak dalam kondisi baik, pengaturan motor ini tidak bagus, saya tidak membalap seperti yang saya inginkan dan sangat tidak kompetitif,” imbuh peraih tujuh kali gelar dunia kelas primer itu. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Advertisement

Marc Marquez yang merebut pole di MotoGP Sepang menciptakan rekor kecepatan. Ist/foxsport.com

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif