Sport
Minggu, 26 Oktober 2014 - 16:00 WIB

MOTOGP MALAYSIA 2014 : Marc Marquez Rebut Juara di Sirkuit Sepang

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembalap Honda MotoGP Marc Marquez saat menikung di sirkuit Sepang Malaysia. Marquez tampil sebagai juara di MotoGP Malaysia 2014. JIBI/Reuters/Olivia Harris

Solopos.com, SEPANG — Pembalap Repsol Honda Marc Marquez mengokohkan gelarnya sebagai juara dunia MotoGP, setelah keluar sebagai juara di sirkuit Sepang, Malaysia, Mingu (26/10/2014) sore. Marquez menaklukkan pembalap Yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang masing-masing dinposisi kedua dan ketiga.

Marquez yang merebut pole position ke-13 musim ini sekaligus menorehkan rekor kecepatan anyar dalam kualifikasi MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Sabtu (25/10), langsung tancap gas ketika balapan dimulai.

Advertisement

Seperti balapan di seri-seri sebelumnya, empat besar pembalap MotoGP, Dani Pedrosa, Jorge Lorenso, Valentino Rossi dan Marc Marquez langsung saling kejar diputaran awal.

Sekalipun sempat memimpin di putaran pertama, Marquez sempat tercecer di tempat keempat setelah disalip Lorenzo dan Pedrosa serta Rossi. Sial bagi Pedrosa, ketika balapan baru dua putaran, dia tergelincir dan terjatuh sehingga harus mengejar ketertinggalan yang cukup jauh.

Praktis, balapan kemudian dikuasai oleh tiga jagon balap, Lorenzo, Rossi dan Marquez. Di putaran ke delapan, Rossi kemudian mengambil alih pimpinan dengan menyalip rekan setimnya Lorenzo.

Advertisement

Sekalipun demikian, balapan berlangsung sengi dan ketat karena ketiganya hanya berjarak beberapa detik. Di putaran ke sembilan, Marquez kemudian berhasil menyalip Lorenzo sehingga dia tinggal menguntit Rossi di posisi pertama.

Satu putaran kemudian, Marquez akhirnya sukses mendahului Rossi. Menjadi pembalap terdepan, Marquez kemudian menggenjot sepeda motornya sekalipun Rossi tak mau kalah terus menguntit di belakangnya.

Namun setelah tinggal lima putaran, Marquez sudah tidak terbendung untuk keluar sebagai juara setelah secara perlahan namun pasti pembalap Spanyol itu meninggalkan Rossi dan Lorenzo cukup jauh.

Advertisement

Dalam kualifikasi sehari sebelumnya, Marquez memang berhasil memecahkan rekor Mick Doohan dan Casey Stoner yang masing-masing meraih 12 kali pole position dalam satu musim, pada 1997 dan 2011. Ini sekaligus menjadi pole ke-50 pembalap Spanyol itu sepanjang menapaki karier MotoGP.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif